Google+ Followers

Monday, March 20, 2006

Panen Kombucha

Hari Jumat malam sepulang kerja, mulailah kami memanen kombucha. Aneh juga kok istilahnya panen. Aku senang sekali, panenku berhasil, dari 5 liter air, menghasilkan sekitar 4 liter minuman Kombucha. Sisanya 1 liter untuk membiakkan terus kombucha culture-nya. Ditambahkan air lagi (tepatnya: teh manis) sekitar 5 liter. Semakin lama kombucha culture-nya menjadi semakin tebal. Punyaku kira-kira 2 cm. Sayang sekali tidak bisa difoto, karena dilakukan pada saat malam hari, dan dapurku gelap.

"KOMBUCHA is a handmade Chinese tea that is delicately cultured for 30 days. During this time, essential nutrients form like: Active Enzymes, Viable Probiotics, Amino Acids, Antioxidants, and Polyphenols. All of these combine to create an elixir that immediately works with the body to restore balance and vitality."

Begitulah keterangan dalam produk Kombucha kemasan yang dijual bebas di Amerika. Ditambahkan juga minuman ini membantu pencernaan, metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pengendalian nafsu makan, pengendalian berat badan, fungsi liver, anti penuaan, dan untuk kulit dan rambut yang sehat. Wahhh sakti bener ya ...

Dan rasanya enak sekali ! Ramuanku adalah ramuan low sugar, karena dari resep aslinya saya kurangi gulanya sekitar 20%. Dan karena panennya tertunda, mestinya 12 hari sudah bisa panen, aku 14 hari, jamurnya jadi semakin matang, sepertinya itu yang menyebabkan rasanya semakin asam. Wah rasanya enak deh, asam dan sangat menyegarkan. Dan sangat kuat!

I'd never drink anything as powerful heheheh. Mau coba? Mesti bayar lho.. karena punyaku terbatas. Dan aku akan minum dengan rutin seperti suplemen, atau seperti soft drink bila haus, untuk menyegarkan tubuh.


3 comments:

  1. selamat ya udah panen. btw, mengendalikan berat badan ya...
    hm..........................

    ReplyDelete
  2. mei, gw kok rada serem ya minum kombucha. ngebayangin jamurnya makin hari makin gede aja udah serem. emang, sih, rasanya kayak sari apel, ya....

    ReplyDelete
  3. Wah, senengnya panen kombucha :D

    @Bril: Sebenarnya ini bukan Jamur dalam arti kata sebenarnya lho.. Itu adalah Koloni dari Ragi dan Bakteri yang menguntungkan.

    Ada informasi yang lengkap mengenai Kombucha, bisa dilihat disini:

    http://indokombucha.wordpress.com

    Silahkan berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar.

    Terima kasih :D

    ReplyDelete