Google+ Followers

Tuesday, September 19, 2006

Disket vs USB Flashdisk


Tulisan ini bukan bermaksud membandingkan disket dengan USB Flashdisk, karena tentu saja kedua alat penyimpan data itu tidak perlu dibandingkan lagi. Semua sudah tahu bedanya. Aku menggunakan judul di atas karena disket dan USB Flashdisk menandakan dua masa yang berbeda dalam periode kerjaku di bidang konsultasi web.

Aku sudah mulai di bidang ini pada tahun 2000, ketika penggunaan internet masih belum seluas sekarang. Meskipun sudah banyak perusahaan yang memahami pentingnya website sebagai representasi mereka di dunia maya, kebanyakan belum mengerti banyak tentang pembuatan sebuah situs web, pemrograman, design, dan segala hal yang berhubungan dengan IT.

Pada waktu itu mereka memberikanku materi website dalam bentuk disket. Beberapa hari yang lalu kutemukan disket-disket itu di file masa lalu, aku terharu. Sudah lama sekali enggak melihat benda ini. Aku teringat, oh ternyata dulu mereka ngasih aku data dengan alat ini... Dalam waktu yang cepat, penggunaan disket itu digantikan dengan CD dan kemudian sekarang bila kita ingin memindahkan materi dengan size yang besar, cukup menggunakan USB Flashdisk yang makin lama makin murah.

Aku sempat off dari bidang konsultasi web ini untuk pergi sejenak, lalu kembali lagi 2 tahun setelahnya. Karena itu masa kerjaku bisa dibagi ke dalam 2 era, itulah yang kusebut era disket dan era flashdisk. Bedanya, sangat banyak.

Perbedaan yang paling utama adalah, seiring dengan kemajuan teknologi dan juga semakin meluasnya pemakaian internet, klien kita juga semakin maju. Klien semakin kritis. Trend-nya adalah, mereka semakin paham IT dan IT bukan lagi sesuatu yang mereka butuhkan dari kita. Mereka kini sudah dalam tahap yang memahami, internet bukan lagi sesuatu yang baru, tapi hanya another communication media. Karena itu, mereka tidak perlu konsultan yang mengerti IT. Mereka perlu konsultan yang memahami cara berkomunikasi di Internet.

Kini, tidak seperti masa disket, sebagian besar klien kami, menggunakan Yahoo Messenger. Mereka fasih menggunakan email, PDA, internet banking, dan juga bahkan tidak jarang yang punya blog. Mereka tidak perlu lagi diajari teknis, tetapi yang lebih diperlukan adalah strategi. Itulah tantangan era Flashdisk.

3 comments:

  1. Anonymous6:56 AM

    Great work!
    [url=http://cggqplaf.com/vrru/bxsd.html]My homepage[/url] | [url=http://zplgyuva.com/moia/tumb.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  2. Anonymous6:56 AM

    Well done!
    http://cggqplaf.com/vrru/bxsd.html | http://ivogucej.com/uxpo/bkai.html

    ReplyDelete