Google+ Followers

Sunday, October 29, 2006

Bangka Tour 2006


Apa saja objek wisata di Pulau Bangka? Inilah tempat-tempat yang sudah pernah saya kunjungi:

1. Pangkalpinang

Mulai dari kota Pangkalpinang, karena di sinilah Anda pertama kali tiba, bila menumpang pesawat terbang. Pangkalpinang adalah ibukota propinsi Bangka Belitung. Nama bandaranya adalah Bandara Depati Amir. Depati Amir adalah salah seorang pahlawan Bangka yang berjuang melawan kolonialisme Belanda.

Pantai Pasir Padi

Salah satu objek wisata di Pangkalpinang adalah Pantai Pasir Padi yang terletak di Kecamatan Bukit Intan. Pantai ini mudah dijangkau, cuma butuh 30 menit dengan kendaraan bermotor dari pusat kota. Pantai ini landai dan cukup panjang sehingga pengunjungnya bisa puas bermain di sepanjang pantainya hingga jauh.

Bentangan pantainya ke laut mencapai lebih-kurang 7 meter. Oleh karena itu ombaknya yang sampai ke tepi pantai hanya berupa riak kecil dan pelan. Sedangkan angin lautnya bertiup kencang ke arah daratan, sehingga kerap dimanfaatkan oleh para penggemar layang-layang.

Pantai berpasir coklat dan bersih ini menjadi lokasi favorit bagi semua umur. Disana kerap terlihat sejumlah anak asyik bermain di bibir pantai, berlarian, membangun istana pasir dan sebagainya. Kawula muda disana juga menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat tongkrongan. Pada akhir pekan atau hari libur, pantai ini semakin ramai pengunjungnya. Jangan heran kalau sampai ada mobil atau sepeda motor yang bebas mondar-mandir di tepian pantainya.

Di sekitar pantai tepatnya di tepi jalan beraspal, terdapat deretan saung kecil yang digunakan pedagang menjajakan aneka makanan dan minuman ringan. Salah satu minuman favorit di sana adalah air kelapa muda segar. (Dikutip dari Travel Club)

Kompas pernah memuat tentang Pantai ini.

Sayang tidak ada image yang tersedia di web untuk pantai ini, sementara foto-foto dari saya sendiri belum tersedia.

Selain wisata pantai, yang menarik adalah mengunjungi pusat kota Pangkalpinang.

2. Sungailiat

Sungailiat adalah ibukota Kabupaten Bangka. Sungailiat hanya berjarak tidak sampai 1 jam perjalanan dengan mobil dari Pangkalpinang. Di sinilah bertebaran pantai-pantai yang paling bagus dan paling terkenal di pulau Bangka.

Pantai Tanjung Pesona

Pantai ini berjarak ± 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.

Mengenai pantai-pantai di Bangka bisa dilihat di URL berikut ini: http://www.pariwisata-bangkabelitung.com/wisatapantai.html

Pantai Parai Tengiri Inilah pantai yang paling terkenal di Bangka Belitung, karena sudah dikelola dengan sangat komersial oleh El John Indonesia. Kebanyakan orang dari Jakarta bila mengunjungi Bangka pasti menginap di Parai Resort. Termasuk presiden SBY.

"Pariwisata bisa menjadi sektor unggulan Provinsi Babel” ujar Presiden SBY saat memberikan kata sambutan di Kantor Gubernur Babel (Bangka Pos, 29 Juni 2006). "Saat saya menginap di Hotel Parai (Parai Beach Resort & Spa, Red), keindahan pantainya very good untuk dikembangkan” tambah presiden. (Dikutip dari Travel Club)

Parai memang adalah pantai yang paling siap karena sudah memiliki akomodasi bertaraf internasional dengan fasilitas yang lengkap. Namun menurut saya pribadi, Parai terlalu komersil, memasuki pantainya saja harus bayar Rp 25.000.
Informasi lengkap bisa diperoleh di www.parai.net

Pemali

Tak jauh dari Parai terdapat sebuah tempat pemandian air panas yang dikenal masyarakat dengan nama Pemali. Tempat ini adalah pusat rekreasi (seperti Ancol) yang katanya dibangun dari kolong (bekas penambangan timah). Di sini terdapat kolam renang air panas yang berasal dari sumber air panas alamiah. Panasnya sampai 4o derajat celcius (seperti hotspring). Cukup menyenangkan, cukup membayar Rp 15.000 sudah bisa menikmati hotspring.

3. Mentok

Kota Mentok yang terkenal dengan ladanya adalah kota tempat Sukarno-Hatta pernah diasingkan Belanda di Pulau Bangka. Tepatnya di Gunung Menumbing, terdapat villa tempat tinggal Sukarno yang saat ini menjadi objek wisata. Di sana masih terdapat foto-foto masa lalu yang melukiskan interaksi Sukarno dengan masyarakat sekitar, bahkan termasuk surat-surat
Sukarno kepada Fatmawati. Ada juga mobil BN 10 yang waktu dulu menjadi kendaraan Sukarno selama di Bangka.

4. Belinyu

Belinyu adalah kota kelahiranku. Kalau ditanya, di sinilah kota yang paling menarik, karena pantai-pantai di sekitar Belinyu adalah pantai-pantai dengan pasir yang paling putih dan bagus. Pantainya pun masih belum tersentuh komersialisme.

Belinyu dikenal sebagai kota kerupuk, karena di sini bertebaran industri-industri kerupuk yang sudah mengakar dari ratusan tahun yang lalu.

Obyek-obyek menarik adalah:

Goa Maria Belinyu

Bagi orang Katolik, berziarah ke goa Maria adalah salah satu kegiatan rohani favorit. Di mana ada goa maria yang khas pasti akan dikunjungi. Termasuk Goa Maria Belinyu yang dibangun dari goa alamiah dan cukup besar. Wisatawan rohani dari mana-mana datang mengunjungi tempat ini.

Desa Gedong Desa Gedong terletak di wilayah Lumut, masih kecamatan Belinyu. Desa Gedong adalah kampung Cina tertua di Pulau Bangka yang kini ditetapkan sebagai desa wisata. Warganya adalah generasi penambang terakhir di Bangka. Di sini kita bisa melihat rumah-rumah tua ala Tiongkok.

Kompas juga pernah menulis tentang desa ini.


Pantai Sungai Belinyu Pantai ini dulu dikenal dengan nama Mantung, pantai yang terletak di sebelah pelabuhan Mantung. Tetapi setelah didirikan pangkalan Angkatan Laut, pantai Mantung yang itu ditutup, lalu pintu masuknya sekarang melalui bagian lain, yang saat ini dinamai Sungai Belinyu. Pantai ini sangat indah dan masih sangat murni. Airnya bersih mengilat dan pasirnya putih bersih. Dulu waktu masih kecil kami setiap minggu datang berenang di pantai ini.

Pantai Tanjung Penyusuk

Pantai ini berjarak 30 menit dengan kendaraan bermotor dari Belinyu. Pantai yang sangat indah dengan bebatuan karang yang khas.

Phak Kak Liang

Menjadi saksi sejarah penambangan timah di Bangka yang kemudian dijadikan kawasan wisata yang dipenuhi bangunan bergaya Cina. Lokasinya berada di Belinyu, 57 km dari Sungailiat. Datang kesini seolah kita berada di Hongkong.

Phak Kak Liang adalah salah satu tempat wisata yang dibangun di atas kolong (bekas penambangan timah yang tersebar di seluruh pulau Bangka)

Nah, selain tempat-tempat di atas, objek wisata yang bisa dikembangkan lagi adalah bekas-bekas penambangan timah yang ada di mana-mana itu. Mereka membentuk danau-danau besar dengan timbunan pasir yang tinggi.

4 comments:

  1. Dairil8:19 AM

    Mei, pengen dong. Gimana kalo gua balik, elo jadi tour guide gua ke Bangka. Ngomong2 biar g orang Bangka tapi belum sekalipun nginjek Bangka nih. Hiks......

    ReplyDelete
  2. mei, tulisannya ok banget tuh...teruslah menulis...btw salam kenal, aku asli dari bangka juga. jgn lupa singgah di blog aku ya..

    ReplyDelete
  3. Olivia Hasjim10:27 PM

    Hi Mei... Salam kenal yah.. Information dari kamu beguna banget nih.. aku lagi ada plan untuk trip sama temen2 this december to Bangka and Belitung. Thanks yah.

    ReplyDelete
  4. lahh aku tinggal di palembang lama gak sempat2 deh ke bangka...Aku mauuuuu

    ReplyDelete