Google+ Followers

Monday, January 08, 2007

Prestasi PortalHR.com dalam Menggauli Google

Di era internet ini, siapa saja ingin menjadi teman Google, raksasa search engine yang merajai penggunaan internet di seluruh dunia itu. Bila dulu istilah yang harus diperhatikan dalam membangun website adalah user-friendly, sekarang ada lagi yang harus diperhatikan, yaitu Google-friendly.

Tim kami bekerja keras, supaya PortalHR.com yang baru berusia beberapa bulan dikenali Google. Itu artinya, bila seseorang mencari hal yang berhubungan dengan hal yang relevan dengan PortalHR.com, PortalHR.com akan tampil di halaman pertama. Hal ini tidak mudah, karena Google memeringkat berdasarkan popularitas.

Karena itulah, kami merengut. Pasalnya untuk keyword "Sumber Daya Manusia" PortalHR.com belum tampil di halaman pertama. Yang tampil di halaman pertama adalah portal yang lebih besar yaitu Swa.co.id.

Tetapi setelah saya analisa lagi, prestasi PortalHR.com sebenarnya luar biasa. Coba saja Anda search apa saja yang terkait dengan kebutuhan seorang HR. Saya mencoba membayangkan diri saya sebagai seorang staff HR, atau manajer HR, atau seorang bos, yang sedang memerlukan data atau informasi yang berkaitan dengan HR.

Misalnya saja: tips rekrutmen, metode seleksi karyawan, konsultan HR, job description akuntan, HR director, dan seterusnya. Coba saja... PortalHR.com sudah di halaman pertama, dan tidak jarang, di urutan pertama. Hebat...

Saya baru sadar, mengapa kita stress dengan keyword "Sumber Daya Manusia"?? Padahal kenyataannya, orang yang search dengan kata-kata itu, kemungkinan mengharapkan sesuatu yang lebih luas (berhubungan dengan bisnis). Maka tak heran bila SWA yang keluar bila mencari dengan keyword itu, karena dalam portal SWA bertaburan kata-kata SDM, karena dia membahas hal yang lebih luas. Tetapi PortalHR.com membahas hal yang lebih spesifik. Hal-hal yang akan dibutuhkan oleh target audience kita, yaitu orang-orang HR.

Dengan ini saya rasa prestasi PortalHR.com sudah sangat baik. Setiap bulan, peningkatan traffic PortalHR.com amat lumayan, dan pergaulan kami dengan Google juga adalah sesuatu yang perlu disyukuri dan ditingkatkan lagi, mengingat branding PortalHR.com sebagai brand baru masih sangat kecil.

1 comment:

  1. Anonymous10:12 AM

    Thx Mba Mei.
    Gak tahu kenapa, tapi kalo baca isi blog mba Mei, saya terinspirasi dan memotivasi saya lebih berjuang lagi di dunia online.
    So, hanya mo say : Thx Mba Mei..

    ReplyDelete