Google+ Followers

Friday, September 28, 2007

IE Makin Turun, 800 x 600 Segera Punah

Judul di atas mungkin tidak terlalu mengejutkan untuk Anda yang sering memperhatikan statistik situs web. Karena kalau kita rajin memperhatikan statistik situs web, kita
akan melihat trend semakin menurunnya pemakaian IE (Internet Explorer) sebagai browser yang digunakan untuk browsing internet, dan juga semakin menurunnya pemakaian resolusi layar yang kecil 800 x 600.

Sebaliknya, penggunaan Firefox dan Opera terus meningkat tajam. Tingkat penggunaan Firefox sepertinya sudah mencapai prosentasi yang perlu dicemaskan oleh Microsoft pemilik IE. IE yang dulu pernah menguasai pasar browser Indonesia hingga lebih dari 95%, terus turun dari tahun ke tahun, mulai dari 80, 70, kini hanya 60-an persen. Sebaliknya Firefox semakin berjaya hingga sudah mencapai lebih dari 25 %.


Sementara itu, meskipun setiap bulan prosentasi pengguna screen 800 x 600 semakin turun, bulan ini saya melihat statistik salah satu klien kami dan terkejut. Pemakai
screen 800 x 600 saat ini hanya 6 % saja. Sebaliknya untuk screen-screen besar, lebih dari 1024 x 768 (mayoritas) semakin meningkat. Bersamaan dengan browser-browser mobile. Masukan ini sangat penting untuk para web designer dan web developer.



Gambar diambil dari google analytic.

No comments:

Post a Comment