Google+ Followers

Monday, October 01, 2007

AdSense in Indonesia, AdSense in my Blog

Tanggal 28 September yang lalu setidaknya ada dua hal yang membuat saya gembira: 1. Google menyetujui AdSense saya (lihat sekarang sudah ada iklan dari Google) dan 2. atas bantuan Acho, Google Analytics saya kembali aktif. Ternyata ada kesalahan script yang saya insert kembali setelah pernah terjadi penggantian template blog ini karena blog saya rusak (Januari 2007).

Bagi teman-teman yang belum tahu, Google Adsense adalah iklan text dari Google yang bisa Anda pasang di situs web atau blog Anda. Bila ada pengunjung situs web yang klik iklan di web Anda, maka Anda akan mendapat bayaran dari Google. Harga satu klik, terus terang saya belum tahu. Saya belum belajar sedetil itu. Lihat saja deh nanti apakah saya bisa make money dari situs ini.

Pada waktu saya posting di milis Indobackpacker untuk membagi cerita Petualangan Bramp-moi, teman saya berkomentar, "Wah blog Mei mulai go public." Dia berkomentar seperti itu karena dia tahu selama ini saya memang jarang mempromosikan blog ini, kecuali hanya untuk teman-teman dekat. Memang tadinya blog ini hanya untuk teman-teman dekat saja, tidak ada keinginan untuk menjadi seleb blogger.

Namun lama-lama, kayaknya perkembangan blog tidak bisa dibendung lagi. Beberapa blog sudah mendapat pemasangan iklan dari brand besar. Contoh: XL. Di luar negeri, bahkan blogger lebih penting dan lebih dimanja lagi. Brand seperti Chanel pernah membawa beberapa blogger ke Paris agar menulis tentang produknya.

Maka kalau bukan sekarang untuk serius dengan blog Anda, kapan lagi?

Apalagi perkembangan terbaru saat ini dengan masuknya Adsense ke Indonesia. Adsense ini sudah lama, tetapi dulu saya pernah apply dan ditolak dengan alasan unsupported language. Sekarang Adsense sudah menerima web bahasa Indonesia. Dan dalam tempo yang singkat, Adsense langsung merebak, berkembang pesat, mungkin lebih heboh daripada negara lain karena yang namanya uang cepat sekali menarik orang Indonesia yang paling kreatif dalam hal ini.

Cobalah ketik "adsense di Indonesia" di Google. Anda akan menemukan beberapa situs yang menawarkan kursus cara mencari uang (yang banyak) dari Adsense, cara meningkatkan klik, cara memaksimalkan pendapatan Anda, dll. Bahkan ada yang mengajarkan cara membuat puluhan website dengan cara cepat. Lalu Anda akan menemukan situs web yang bertebaran di jagat maya ini, yang isinya hanya link, atau gambar porno (yang tentu saja tinggi kliknya). Banyak juga yang segera ikut-ikutan blogging karena tergiur dengan yang mereka sebut "bisnis Adsense" ini.

Maka kemurnian seperti di masa lalu itu sudah hilang. Masa-masa ketika kita bisa surfing dan blogging dengan polosnya itu sudah lewat. Jangan heran kalau nanti banyak yang meminta Anda mengeklik iklan di situsnya. Mungkin termasuk saya.

2 comments:

  1. oh, aku ampe sekarang kok tetap nggak paham soal ad-sense. Gimana tho, caranya... ajarin dong...

    ReplyDelete
  2. "Pay per Click", I love that words. Saya rasa ini salah satu cara alternatif yg paling gampang untuk mendapatkan donasi dari para pengunjung yg menikmati tulisan kita, tinggal klik, udah nyumbang.. :)

    - Ta' tungguin ad-sense nya -

    ReplyDelete