Google+ Followers

Friday, October 26, 2007

Seberapa Penting sih Muncul di Halaman Pertama Hasil Search Google?

Tentu saja Anda akan jawab: tentu saja sangat penting!! Apakah masih perlu dipertanyakan? Karena katanya kalau Anda tidak muncul di hasil search Google, ya sama saja dengan tidak exist.

Tapi tunggu, kalau melihat proposal optimasi search dari perusahaan-perusahaan SEO (Search Engine Optimization), untuk muncul di halaman pertama hasil search itu tidak mudah. Banyak effort yang harus dilakukan, dan tentu saja hal itu berimpak ke biaya. Kalau sudah ngomongin biaya, bos-bos pasti berkerut dan mempertanyakan yang namanya si ROI itu (Return on Investment).

Untuk menjawab hal itu, saya jadi ingat pernah punya satu pengalaman. Suatu hari saya harus mentransfer Rp 6,8 juta ke rekening sebuah perusahaan travel untuk membayar harga tour saya dan beberapa tamu saya dari Taiwan untuk berlibur ke Pulau Putri.

Saya was-was dong... Takut dan khawatir. Harus membayar di muka uang sebanyak itu ke perusahaan dan orang yang tak pernah kukenal. Hanya kenal lewat telepon. Pencarian tour sudah dilakukan teman saya dan saya tinggal mentransfer saja untuk menalangi dulu biaya teman-teman saya yang lain karena mereka masih di Taiwan. Pencarian tour semua dilakukannya melalui Internet. Search di Google.

"Gak usah khawatir. Perusahaan itu muncul di urutan pertama kalau kita search Pulau Putri kok..." kata teman saya meyakinkan saya. Teman saya ini adalah orang yang sangat awam di bisnis Internet, namun dia karena kelamaan tinggal di Taipei, jadi sudah sangat terbiasa mencari apa saja kebutuhannya melalui internet.

Pengalaman itu menunjukkan, setidaknya, betapa pentingnya muncul di halaman pertama, apalagi urutan pertama. Secara brand image, hal itu membuat customer kita percaya, bahwa kita bukan perusahaan sembarangan. Bukan perusahaan yang baru jadi kemarin. Orang awam pun tahu, untuk muncul di halaman pertama hasil search, pasti tidak mudah, di antara berjuta-juta web yang ada.

Namun sesungguhnya, apa yang terjadi bila web kita berhasil muncul di halaman pertama hasil search Google?

Menurut Googleguide.com Google mengurut hasil search berdasarkan relevansinya dengan kata yang Anda cari. Itu berarti Anda akan menemukan apa yang Anda cari lebih cepat dengan membaca hasil search dari atas ke bawah. Cara Google menilai relevansinya ini berdasarkan banyak faktor, termasuk berapa banyak web atau halaman lain yang nge-link ke halaman itu, posisi kata yang dicari dalam halaman web itu, dan kedekatan kata-kata dalam keyword yang Anda cari (bila kata-katanya tidak hanya satu).

Beberapa faktor lain yang juga menentukan hasil search tersebut adalah: pergerakan website dan aplikasi yang digunakan. Semakin sering website di-update atau ada pergerakan apa pun (misalnya: dikunjungi, di-link, dll) akan semakin baik. Aplikasi yang digunakan dalam membangun website juga harus mengikuti standar yang diakui oleh Google agar mudah dicatat oleh engine-nya.

Itulah sebabnya, tidak mudah "mengakali" agar bisa muncul di halaman pertama sesuai dengan keyword yang kita inginkan. Proses SEO dimulai dari pemilihan keyword yang tepat, analisa situs web, dan juga menyesuaikan content website dengan keyword yang kita inginkan. Itu berarti melibatkan proses yang terus-menerus dan analitis. Itulah sebabnya, biaya SEO yang sesungguhnya, tidak murah.

Tapi hasilnya bagi perusahaan Anda, silakan Anda nilai sendiri. Apakah sepadan dengan effort dan biayanya. Masalahnya sekarang, bila Anda tidak melakukan SEO, kompetitor Anda melakukannya dengan keyword yang sama. Anda ketinggalan.

1 comment:

  1. Anonymous2:48 PM

    Betul,,, :-)

    www.clinicseo.com

    ReplyDelete