Google+ Followers

Thursday, January 31, 2008

Tentang Mengambil Keputusan


"Apabila sudah bulat tekad (laksanakanlah) dan berserah dirilah kepada Allah."

Bait yang diambil dari QS Ali Imran: 159 dengan hiasan kaligrafi Arab yang indah itu secara agak mengejutkan saya temukan di ruang meeting direksi yang mewah milik grup MNC. Tidak peduli siapa yang membacanya, ayat itu cukup membantu dalam proses mengambil keputusan. Tidak heran kalau dia digantung di ruang meeting direksi tempat keputusan-keputusan penting diambil.

Mengambil keputusan terkadang memang tidak mudah. Namun semakin sering dilakukan, saya merasa mengambil keputusan semakin menyenangkan. Sehabis mengambil keputusan biasanya kita akan merasa lelah, mungkin karena mempertimbangkan berbagai faktor dan takut akan konsekuensi-konsekuensinya. Namun kalau sudah semakin sering melakukannya, saya yakin akan terasa semakin mudah, dan santai. Tidak perlu merasa lelah lagi.

Semakin sering berlatih, maka keputusan akan semakin cepat dan tajam pula. Karena pengambilan keputusan adalah skill yang sangat penting, maka setiap karyawan dalam setiap level sejak awal perlu dilatih dan diberi kesempatan untuk mengambil keputusan maupun memberikan pertimbangan-pertimbangan.

Ketika sesuatu belum diputuskan, bolehlah kita mempertimbangkan segala faktor dan dari berbagai sudut pandang. Kita masih boleh pesimis dan memperhitungkan resiko-resiko. Tetapi apabila suatu keputusan sudah diambil, kita harus optimis, dan menjalankan keputusan itu dengan semaksimal mungkin hingga memberikan hasil yang terbaik. Sisanya, berserah dirilah kepada Tuhan akan hasilnya.

(Gambar diambil dari Getty Images, bunyi kaligrafi tidak sama dengan ayat di atas)

No comments:

Post a Comment