Google+ Followers

Saturday, February 09, 2008

Gong Xi Fa Cai

Saya sedikit terkejut ketika melihat iklan Toyota Corolla baru (yang akan diluncurkan sebentar lagi) yang bernuansa Imlek di Kompas hari Rabu (6 Februari).

Content iklannya menurut saya sangat bagus dan pas dengan suasana Imlek serta bertepatan dengan akan segera diluncurkannya Toyota Corolla yang baru. Yang menjadi perhatian saya adalah tulisan (gong xi fa cai) dalam aksara China. Aksara China yang digunakan adalah aksara Chinese Tradisional, yang saat ini digunakan di Taiwan dan Hongkong, tetapi sudah jarang sekali di China.

Aksara China yang digunakan saat ini (di China maupun di negara-negara lain) kebanyakan adalah aksara Simplified Chinese, termasuk di Indonesia. Di sekolah-sekolah maupun kursus mandarin yang digunakan adalah Simplified Chinese. Pun pada saat Imlek di depan toko-toko maupun iklan cetak, saya perhatikan hampir semua menggunakan Simplified Chinese. Contoh iklan BNI (di harian Kompas) di bawah ini.

Lebih banyak lagi iklan yang hanya menggunakan versi Romanisasi dari aksara China tersebut, yang dikenal dengan ejaan Hanyi Pinyin. Contoh iklan Mandiri (di harian Kompas) di bawah ini (tidak menggunakan aksara China). Perhatikan juga bahwa iklan Corolla di atas tidak mengikuti ejaan romanisasi yang disepakati di China (hanyi pinyin). Apabila Hanyi Pinyin tulisannya "Gong xi fa cai" iklan Corolla tersebut menggunakan "Gong xi fat choi" yang mirip dialek Hakka.

Yang lebih aneh lagi adalah iklan KFC, karena aksara China yang digunakan adalah campuran simplified dan traditional. Lihat gambar di bawah ini.

Bagi saya sih sah-sah saja, asal bunyinya dan maksudnya masih sama. Biar bagaimana pun, iklan-iklan ini menunjukkan meriahnya perayaan Imlek dan penerimaan Imlek di masyarakat. Contoh di atas juga sekaligus melukiskan bervariasinya "aliran" orang-orang yang berbahasa China di tanah air. Meskipun begitu tidak mengurangi makna yang ingin disampaikan iklan-iklan tersebut. Gong Xi Fa Cai !! (Congratulations and wishing you prosperity)

2 comments:

  1. seneng baca blog Mei (nemu di indobackpacking)

    boleh nge-link ya? supaya gampang kalau mau baca lagi :p

    ReplyDelete
  2. Hai Pras.. salam kenal...
    Senang sekali ada yagn senang membaca corat-coretku. Silakan di-link, dengan senang hati hehehe...

    ReplyDelete