Google+ Followers

Tuesday, May 27, 2008

Penasaran Sama James Gwee

James Gwee yang disebut sebagai Indonesia's Favourite Trainer sudah memberikan lebih dari 1.200 in house training kepada lebih dari 800 organisasi di Indonesia. Meskipun seorang kebangsaan Singapura, saat ini lebih banyak waktunya dihabiskan di Indonesia sebagai salah satu pembicara seminar paling laku dan juga mungkin paling mahal.

James Gwee yang saya tahu adalah penulis buku "Positive Business Ideas" salah satu buku yang cukup laku karena memberikan ide-ide praktis di bidang sales dan manajemen. Selain itu saya juga sering mendengar suaranya di Radio Smart FM.

Karena itulah, ketika mendapat email undangan dari Bu Amalia dari BINUS untuk menghadiri talk show James Gwee di BINUS secara gratis, saya langsung mendaftar. Kapan lagi bisa mengikuti seminar James Gwee gratis, karena saya sering melihat iklan acara seminarnya di koran-koran dan biayanya tidak murah.

Sejatinya acara itu adalah acara untuk mahasiswa MM BINUS, mereka secara periodik menghadirkan guest lecturer dari luar BINUS. Saya terkesan karena James Gwee berkenan memberikan sesinya kepada mahasiswa tanpa dibayar, di antara jadwalnya yang sangat sibuk (katanya harus menunggu hingga 3 bulan) dan juga rate-nya yang sangat tinggi (katanya mencapai 60 juta per hari).

Sebelum acara mulai, sekitar pukul 18.30 James sudah tiba di lokasi acara, di kampus BINUS di Hang Lekir. Kebetulan saya dan teman-teman juga sudah hadir, meskipun acara baru dimulai jam 19.00. Saya bela-belain enggak makan malam karena takut terlambat. Dan ternyata James juga bela-belain naik ojek bersama kru-nya dari Hotel Borobudur, karena takut terlambat.

Dia hadir lebih awal dari waktunya untuk mempersiapkan segalanya sebelum sesinya dimulai. Dia adalah seorang pembicara yang entertaining, dia mempersiapkan sound system yang canggih. Karena itu, dia membawa seorang asisten khusus untuk sound, dan dua orang asisten lain untuk membagikan form-form yang menjadi tools pelengkap untuk seminarnya.

Seminar dibuka dengan musik yang membangkitkan semangat. Selintas saya merasa seperti berada dalam presentasi salah satu MLM somewhere di masa lalu. Setelah itu video perkenalan James Gwee yang tak kalah hebohnya, baru setelah itu sang pembicara favorit itu memulai sesinya.

Baru kali ini saya melihat James Gwee yang asli, dan memang sedikit berbeda dengan foto-fotonya yang ada di buku, CD, dan iklan seminar. Honestly, fotonya terlihat 10 tahun lebih muda, penonton agak kecewa dikit, tetapi ternyata ketika menyaksikan dia membawakan presentasinya, dia memang charming.

Cara presentasinya juga sangat menarik, dia bisa mempertahankan konsentrasi audience penuh hingga 2 jam. Bahkan sambil menahan lapar, konsentrasiku tetap terjaga. Padahal materi yang dipresentasikan menurut saya cukup mendasar, hal-hal mengenai ilmu sales yang mendasar, tapi tetap saja ada yang bisa dipetik. Ada yang memberi inspirasi.

Dan yang penting, sesuai dengan tujuan saya datang ke sana adalah saya sudah berkenalan dengan dia. Dan tentu saja saya memperkenalkan PortalHR.com.

No comments:

Post a Comment