Google+ Followers

Tuesday, May 13, 2008

萬年青 wàn nián qīng, "ten-thousand years green"

Semalam aku bermimpi tanaman di atas meja kerjaku ini telah tumbuh lebat. Tanaman yang kupilih karena berwarna hijau dan nyaris tidak perlu perawatan ini dalam bahasa China bernama Wan Nian Qing (ten thousand years green), alias forever young.

Tanaman ini terkenal sangat lambat tumbuhnya. Setiap hari aku perhatikan, daunnya sama besarnya, sama panjangnya. Dan tidak pernah tumbuh daun baru. Untuk mencapai kedewasaan kayaknya dia perlu waktu bertahun-tahun. Kalau dia tumbuh lebat, aku percaya itu pertanda keberuntungan.

(Foto: meja kerjaku)

Pagi ini, aku merasa agak tegang. Besok event PortalHR yang sudah kami siapkan satu setengah bulan terakhir ini akan digelar. Hari ini hari terakhir persiapan, namun peserta belum mencapai jumlah yang membuat aku merasa puas. Ketegangan bertambah ketika ada dua calon peserta yang cancel.

Di balik ketegangan itu, aku merasa senang melihat timku yang bekerja keras dan penuh semangat. Lebih-lebih kalau mereka menunjukkan passion yang tinggi. Terkadang dalam keadaan kurang sehat pun mereka tidak bisa meninggalkan tanggung jawab. Nah pada saat yang sama aku merasa sangat terganggu apabila ada anggota tim yang bertindak sebaliknya.

Ada yang dengan alasan apapun tindakannya dapat dibaca menjadi kurang bersemangat kerja: muncul di kantor sangat siang dan pulang sangat cepat, sering membolos, dan apabila diperlukan tidak bisa dihubungi, ketajaman/kecerdasan dalam bekerja yang dapat dirasakan menurun, dst...

Aku merasa sangat terganggu. What can i do?

Pada saat yang sama banyak tagihan dari rekanan belum dibayar ... Aku pusingggggggg....

Aku menarik napas seperti saran yang kudengar di radio pagi ini. Wan nian qing-ku tumbuh dengan lebat. Everything's gonna be alright, mei...

No comments:

Post a Comment