Google+ Followers

Thursday, June 05, 2008

Tiga Alasan Mereka Datang ke Seminar

Beberapa saat yang lalu aku mengikuti sebuah seminar HR yang cukup unik dengan pembicara yang sebagian besar adalah para pemenang HR Excellence Award yang diadakan majalah SWA. Pada waktu itu sambil melamun aku mengambil kesimpulan tentang ada tiga alasan atau tujuan orang-orang datang ke seminar.


1. Karena pembicaranya; Pada waktu event PortalHR beberapa saat yang lalu seorang direktur HR perusahaan besar datang dari luar kota, masih membawa koper, langsung ke seminar kami pada pagi hari. Di meja registrasi dia mengatakan hanya mempunyai satu kartu nama yang tersisa, dan kartu ini adalah untuk pak Paulus. Dia datang karena ingin bertemu dengan Pak Paulus.

2. Network; Ada juga yang mencari network. Ketika mendaftar mengikuti seminar yang ditanyakan adalah: siapa saja yang datang? Nah pada seminar HR yang aku bilang unik ini mereka memberikan waktu khusus beberapa menit untuk peserta saling bertukaran kartu nama. Pada saat seperti ini kita akan sangat menyesal apabila membawa stok kartu nama hanya sedikit.

3. Punya sesuatu untuk ditanyakan; Pada kesempatan Tanya jawab yang diberikan moderator setiap peserta pun berlomba untuk bertanya. Mengapa? Karena peserta seminar yang siap mempunyai suatu masalah yang diharapkan akan terjawab dengan mengikuti seminar ini. Minimal mereka mendapatkan inspirasi agar tidak sia-sia mereka membayar.

Setelah itu lamunanku pindah ke tempat lain. Karena cukup sering mengikuti seminar HR yang hampir sama isinya, mudah membuatku melamun. Pikiranku harus aktif memikirkan organisasiku sendiri agar isi seminar-seminar seperti ini tidak menguap begitu saja setelah selesai. Aku membayangkan suatu hari kami juga mengadakan event-event HR besar, mengundang pembicara dari dalam maupun luar negeri. Dari kami akan ada seorang atau beberapa orang yang menjadi narasumber dan pakar dalam bidang HR. Dan orang itu, seperti kata Sting, It’s probably me.

No comments:

Post a Comment