Google+ Followers

Friday, July 18, 2008

Marketing Revolution: Bagian mana yang Revolusioner?



Aku mencoba mencari bagian mana yang revolusioner dari buku Marketing Revolution dari Tung Desem Waringin (TDW) ini, selain cara peluncurannya. Buku ini menarik perhatian banyak orang dan bahkan liputannya sampai ke manca negara karena peluncurannya yang sensasional, yaitu dengan menjatuhkan uang seratus juta rupiah dari helikopter.

Sebuah cara peluncuran buku yang tidak lazim, dan menjadi praktik langsung dari strategi marketing yang revolusioner. Namun sayangnya, isi buku tidak revolusioner-revolusioner amat.



Meskipun harus diakui TDW memang seorang jenius dalam hal marketing, tips dan strategi yang dengan begitu detil dipaparkan dalam buku ini, tidak ada yang baru. Saya setuju dengan komentar James Gwee yang ditulis di cover belakang buku ini:

"If you really want to grow your business, If you really want down to earth & practical tips that have been proven to work, if you need comprehensive guidebook on Show Me The Money marketing ideas, then Marketing Revolution is and absolutely Must Have Book."

Isi buku ini memang down to earth, practical, dan komprehensif. Mungkin boleh dikatakan "inilah marketing." Tapi revolusioner? Buku ini akan sangat membantu buat teman-teman di bagian sales dan marketing, tetapi buku ini tidak memberi gambaran nilai-nilai revolusioner yang dibawa oleh era Internet dan efeknya yang besar bagi dunia pemasaran.

Marketing Revolution menurut definisi Tung adalah sebuah ilmu menyampaikan penawaran kepada target market sehingga terjadi peningkatan penjualan yang berkesinambungan secara cepat dan besar. Berarti bukan seperti yang ada dalam gambaran aku.

salah satu point yang sangat penting dalam marketing adalah USP (Unique Selling Point) dan Tung tentu saja sangat memahami USP dirinya sendiri.

Di dalam buku ini halaman 111 Tung menulis:

Ketika saya diwawancarai oleh seorang wartawan majalah pria terkemuka (Matra, September 2004), ia melontarkan sebuah pertanyaan dengan serius, "Apakah sebenarnya kelebihan Pak Tung dibanding pembicara lainnya?" Jawab saya, "Saya punya 3 kelebihan yang merupakan Ultimate Advantage saya:

1. Ilmu saya adalah street smart, artinya saya mengajarkan banyak dari apa yang sudah saya praktikkan lebih dulu, dan ilmu-ilmu saya adalah saripati dari Ilmu Terbaik yang ada di Dunia yang terus saya Upgrade dan pelajari.

2. Cara penyampaian saya menyenangkan dan membuat orang bersemangat, menyentuh emosi. Karena saya tahu perubahan bukan datang dari pikiran melainkan dari perasaan. Bukan karena tahu tetapi karena mau. Dan mau timbul karena perubahan emosi. Bila Anda ingin menjadi master dari emosi Anda. Silakan ikuti seminar saya "Life Revolution."

3. Daya tahan saya sangat kuat. Contohnya pada saat saya mengadakan seminar Financial Revolution, pada hari pertama (Jumat) mulai jam 4 sore dan baru selesai pada jam 2 pagi. Lalu, keesokan harinya mulai jam 9 pagi dan selesai pada jam 3 pagi, dan di hari ketiganya (minggu) acara seminar dimulai jam 9 pagi hingga jam 11 malam. Suara saya tetap lantang dan saya tetap penuh semangat. Dan Rekor saya, dalam satu bulannya saya bahkan bisa mengatakan 52 seminar dengan suara dan kekuatan yang senantiasa dahsyat.

Itulah yang membuat Tung unik dan memberinya sukses yang luar biasa. Namun ada satu lagi faktor utama dalam semua kegiatan marketing dan sales, yang mendasari semuanya: kemauan untuk berbuat lebih. Ini yang saya amati dari semua pembicara seminar sales dan marketing.

Apakah kita mau berbuat lebih, memberikan lebih, berusaha lebih keras dari yang lain, memberikan lebih banyak nilai tambah? Dengan adanya kemauan itulah baru semua tips dan strategi bisa dijalankan. Dengan adanya kemauan itu marketing team kita akan lebih kreatif memikirkan strategi.

Nah, bagaimana menumbuhkan kemauan itu? Hal ini sangat berkaitan dengan strategi reward. Sampai di sini kita pun membutuhkan ilmu HR.

Selain strategi praktis dan komprehensif, buku ini juga dilengkapi dengan kekayaan teoritis yang perlu dipahami dalam pemasaran, misalnya apa saja enam kebutuhan penting manusia, jurus-jurus marketing yang inspirasional (funnelling, Jurus Badawi, Kentucky, dll), tujuh hukum psikologis marketing revolution, dan tentu saja tidak ketinggalan, lampiran seminar-seminar Tung.

Kesimpulannya: buku ini layak dibeli untuk team marketing Anda, tapi jangan lupa, di atas ilmu marketing, ada ilmu yang lebih fundamental, yaitu ilmu HR. (maklum, yang nulis pengelola PortalHR.com sih)

2 comments:

  1. Deuhhh jualan banget sih dengan PortalHR-nya, bener-bener terasuki ilmu TW hahaha

    ReplyDelete
  2. salam kenal, numpang coret-coret di blog anda, isi-nya bagus, simple, and Nice

    ReplyDelete