Google+ Followers

Friday, July 25, 2008

"Sharpening Your Online Strategy" with Nukman Luthfie--- The First Online Strategy Seminar in Indonesia



Bener gak sih? Kayaknya sih iya. Ini adalah seminar pertama tentang strategi online di Indonesia. Full day pula. Biasanya Pak Nukman diundang sebagai salah satu pembicara seminar-seminar yang lebih umum, misalnya marketing, komunikasi pemasaran,
branding, iklan, bisnis, entrepreneurship, dll. Ini juga sekaligus seminar pertama yang diadakan sendiri oleh Virtual Consulting, dengan pembicara tunggal ownernya sendiri Pak Nukman, yang berbicara dari pagi jam 8.30 hingga sore jam 16.30. Monolog Pak Nukman hanya diselingi dua pembicara lain yang masing-masing hanya 30 menit, yaitu dari HP Indonesia dan dari Toyota Astra Motor. Setelah itu ada juga sesi tanya jawab yang agak sedikit terlalu singkat karena banyak sekali peserta yang ingin bertanya.




Itulah... namanya juga event pertama. Yang pertama, selalu paling menegangkan, paling mendebarkan; di sini pembicara menduga-duga apa yang diharapkan pesertanya. Sebuah event pertama di bidang strategi online, tentu saja peserta yang datang pun sangat beragam. Tidak bisa dihindarkan mereka datang dengan ekspektasi yang beragam pula. Namun karena ini adalah event pertama dengan audience yang luas, maka aku bisa memahami apabila Pak Nukman memilih topik yang agak general.

Dengan mengesampingkan hal-hal kecil yang mungkin kurang sempurna dalam seminar ini, menurutku seminar pertama ini telah berjalan dengan sangat sukses. Sponsor banyak, peserta yang mendaftar banyak. Hal-hal teknis seperti tempat dan makanan semuanya lancar. Dan yang terpenting, peserta yang datang memberikan komentar positif. Meskipun aku bukan panitia, aku turut merasa bangga dengan pencapaian pak Nukman dan juga Virtual Consulting ini.


(Lihat: seorang peserta sedang membuka web Virtual hehehe)

Dari seminar yang pertama ini, tentu saja kita semakin memahami kebutuhan audience. Audience yang datang dapat dibagi menjadi dua kelompok: pebisnis (online) dan karyawan. Bagian yang karyawan kebanyakan adalah bagian marketing, komunikasi, promosi. Ada juga dari perusahaan iklan/agency. Dua kelompok besar ini saja sudah jelas mempunyai kebutuhan yang berbeda akan informasi yang diharapkan.

Audience juga bisa dibagi menjadi dua kelompok yang lain: kelompok yang awam internet dan kelompok melek internet. Audience seminar yang kemarin mostly adalah kelompok kedua. Karena seminar ini dipromosikan melalui media-media online, maka seminar ini otomatis belum menyentuh audience yang pertama. Kelompok yang pertama ini masih banyak, dan mereka masih tinggal di corporate-corporate besar yang butuh untuk dibukakan matanya kepada ilmu internet.

Dari sini aku bisa membayangkan event-event Virtual selanjutnya. Masih banyak yang bisa dikerjakan, dan mudah-mudahan event seperti ini akan menjadi agenda rutin, entah itu berbentuk seminar, training, atau workshop. Hal ini akan semakin menguatkan Virtual sebagai sebuah perusahaan konsultan online terkemuka. Selamat kepada Pak Nukman dan team Virtual COnsulting! (termasuk saya sendiri dong hehehe)


(ada bayi dalam seminar. Kecil-kecil aja udah ikut seminar, pasti gedenya jadi boss)

No comments:

Post a Comment