Google+ Followers

Thursday, June 04, 2009

Taiwan, "Move Forward" to Become Global Player

Move Forward adalah tema/slogan Computex---pameran komputer dan ICT tahunan di Taipei, Taiwan---tahun ini. Pameran yang diikuti lebih dari 1,700 exhibitor dan 4,600 booth ini semakin banyak mendapat perhatian internasional seiring dengan perkembangan peran Taiwan dalam industri ICT (Information and communication Technology) dunia akhir-akhir ini. Slogan Move Forward seolah mengukuhkan cita-cita Taiwan untuk menjadi pemain global.



Sudah lama Taiwan dikenal sebagai salah satu manufaktur produk-produk komputer dan ICT untuk brand-brand global seperti Apple, Hewlett-Packard, dan Motorola. Perusahaan-perusahaan Taiwan menyuplai komponen untuk perangkat-perangkat tersebut, bahkan tak jarang juga merakit/membangun sebuah produk jadi, contohnya laptop, dengan spesifikasi yang persis seperti permintaan para brand-brand besar itu. Produk itu lalu dipasarkan di bawah nama brand besar tersebut.

Namun belakangan ini, Taiwan tidak lagi hanya dikenal sebagai pemain background, tetapi berkat beberapa brand yang penjualannya melesat pada masa krisis ini, nama-nama Taiwan mulai masuk dalam jajaran brand ICT dunia. Sebut saja Acer contohnya. Saat ini Acer telah mengancam kedudukan Dell sebagai pembuat PC kedua terbesar di dunia setelah Hewlett-Packard. Perusahaan Taiwan yang lain, Asustek, telah menggemparkan dunia dengan netbook kecil dan ringannya yang fenomenal, Eee PC.

Selain kedua nama tersebut, HTC juga nama Taiwan lain yang sudah melenggang di panggung global. HTC membangun smartphone pertama yang menggunakan operating system (OS) Android dari Google.

Setelah ketiga perusahaan ini, pemerintah Taiwan terus mendorong perusahaan lain untuk "move forward" dari pemain di belakang layar untuk berani tampil sebagai brand yang bersaing dengan brand-brand dunia.

Hal ini terlihat pada pameran Computex tahun ini. Biasanya, event ini lebih banyak menunjukkan komponen-komponen manufaktur kepada calon partner, seperti power supply atau kipas untuk mendinginkan komputer. Namun beberapa tahun belakangan ini, pameran telah didominasi oleh produk yang langsung dapat digunakan oleh konsumen.

Dua tahun yang lalu, Asustek memperkenalkan Eee PC pada pameran ini. Sekarang, hampir semua pembuat komputer membuat produk yang serupa. Pada Computex tahun ini, perusahaan-perusahaan komputer berlompa memamerkan laptop super tipis yang berharga
kurang dari 600 USD. Sementara perusahaan seperti Intel dan Microsoft memamerkan chip dan software yang cocok untuk laptop murah dan sangat tipis, ataupun komputer dengan teknologi layar sentuh yang canggih. Tahun depan, diharapkan Computex akan memamerkan smartphone baru yang menggemparkan, sebuah telepon yang mendekati kemampuan PC.

Waw... sampai di sini, kita hanya bisa merasa salut untuk Taiwan, sambil mengajukan pertanyaan yang membosankan itu lagi---kapan ya kita bisa begini? :D


1 comment:

  1. Comment ini untuk Hi I'm Lina yang memberikan komentar pada tulisan Membuat model bisnis online... Sebelumnya thanks atas komennya dan mohon maaf karena tulisan tersebut saya turunkan karena akan dimuat di blog resmi perusahaan. Thanks. Mei

    ReplyDelete