Apa perbedaan utama Nukman Luthfie dengan Guy Kawasaki?



Suatu artikel di New York Times sekitar tahun lalu menangkap perhatian saya. Kolumnis, blogger, dan penulis Marci Alboher menulis dalam artikel itu tentang pengalamannya mewawancarai Guy Kawasaki --- yang saya asumsikan tidak perlu saya perkenalkan lagi di sini.

Guy membalas email permintaan wawancara Marci dengan mengatakan bahwa akan lebih baik apabila wawancara tersebut bisa dilakukan via online saja. Sambil menambahkan, “Percayalah, saya jauh lebih lucu di email.”

Setelah itu saya membaca beberapa artikel hasil perambahan Google dan baru tahu bahwa Guy Kawasaki adalah seorang introvert. Mr. Kawasaki, entrepreneur, penulis 7 buku best seller tentang entrepreneurship, blogger dan public speaker kenamaan itu sendiri mengakui bahwa dirinya adalah seorang introvert.

Setelah saya meriset lebih jauh, ternyata masih banyak bintang social media internasional lain yang juga memiliki tipe kepribadian introvert. Di antaranya misalnya Pete Mashable dan Darren Rowse (Problogger.com).

Apa artinya? Banyak orang menghubungkan introversion dengan sifat tertutup, diam, penuh rahasia. Sebaliknya extroversion dikaitkan dengan sifat terbuka, serba rame, dan heboh. Introvert adalah orang-orang yang tidak suka bergaul, sementara extrovert selalu dikelilingi teman.

Sebenarnya, tidak seperti itu. Orang introvert juga menyukai bersosialisasi dan situasi sosial. Mereka juga menyukai keramaian. Hanya saja, mereka sering kali butuh untuk “meng-charge” diri mereka setelah “lelah” bersosialisasi atau dalam suasana sosial. Mereka selalu butuh waktu untuk menyendiri, menyepi, ini adalah suatu kebutuhan, bagaikan makanan yang memberi kekuatan kepada si introvert.

Sebaliknya, si extrovert tidak pernah lelah bila berada bersama orang lain. Dia selalu ingin tampil, berbicara dan bersosialisasi justru adalah batere baginya. Membuat materi presentasi, proposal, riset, dan segala pekerjaan mendetil lain termasuk menulis, membuatnya lelah. Tetapi ketika dia tampil di atas panggung, di mimbar, di ruang presentasi, semua itu memberinya energy.

Nah, sampai di sini, sudah tahu apa perbedaan utama Nukman Luthfie dengan Guy Kawasaki? Berada di ujung lain dari Mr. Kawasaki, Mr. Nukman --- bos saya --- adalah extrovert sejati.

Saya sudah mengenal beliau lebih dari sepuluh tahun dan selama setengah dari waktu itu saya bekerja padanya. Itu berarti, saya sudah sering melihat dia, melihat cara dia bekerja.

Suatu hari ketika Mr. Nukman sedang sakit, kami semua kelabakan karena akan ada presentasi penting di sebuah klien. Presentasi itu jangan dibatalkan, kata Nukman, aku akan datang.

Ketika tiba saatnya presentasi, Nukman datang dengan baju tebal karena demam, dengan suara terbatuk-batuk. Tetapi … ketika dia tampil di depan dan berbicara, bagaikan magic, dia terlihat seperti langsung sembuh. Kurasa audience tidak ada yang mengetahui bahwa dia sedang sakit.

Ketika dia sedang berbicara, ketika dia sedang didengar, ketika dia sedang memesona, ketika semua perhatian tertuju padanya, sedikit demi sedikit batere-nya terisi kembali, dan dia sembuh. Namun setelah “sihir” itu hilang, kondisi fisik aktual tidak bisa terhindarkan. Pulang ke rumah, bahkan seorang extrovert sejati pun perlu beristirahat.

Berbeda dengan seorang introvert. Saya membayangkan Mr. Kawasaki misalnya. Sebagai public speaker kondang, tentu saja dia mempunyai jadwal bicara di sana sini yang ketat, namun saya membayangkan, setiap selesai acara tersebut, dia akan selalu membutuhkan waktu untuk sendiri. Terus-terusan terekspose dengan keramaian akan membuatnya lelah dan bosan.

Dia akan sangat bahagia berada sendiri dalam ruang kantornya yang nyaman, ketika dia ditinggal sendiri, hanya dia sendiri dan laptopnya. Dengan buku-buku di raknya. Dia akan menulis, menulis, menulis. Dia akan sanggup menulis hingga berhari-hari. Berada dalam kesunyian bersama buku-buku saja, tanpa ketemu satu manusia pun. Intovert mampu melakukan itu.

Untuk seorang extrovert, agak susah. Dia selalu penuh energy, idenya melompat-lompat. Pikirannya tidak teratur. Dia bisa duduk diam melakukan suatu pekerjaan “serius” tetapi cepat bosan. Dia akan selalu ingin mengadakan kontak sosial dengan manusia lain.

Sampai di sini tiba-tiba saya ingat cara Guy Kawasaki nge-twit dengan cara Nukman nge-twit. Nukman seorang yang suka bergaul, dia membiarkan dirinya sepanjang hari di”usik” oleh Twitter. Dia aktif, dia melakukan conversation, membalas reply, dll. Twitter itu seolah adalah ekstensi dari kepribadiannya. Dia tidak bisa tinggal diam, meski sedang mengerjakan sesuatu yang “serius” pun sesekali dia akan mengecek Twitter-nya, dia selalu membutuhkan perhatian.

Sebaliknya Guy Kawasaki membatasi interaksi. Dia membagikan banyak informasi menarik di Twitter-nya, tetapi dia seolah mengatakan, “sudah, itu cukup.” Mungkin dia sibuk, mungkin dia tidak sempat, mungkin dia menganggap Twitter adalah pekerjaan sehingga di-outsource ke karyawannya, atau mungkin juga dia hanya tidak ingin diganggu. Dia tetap ingin menjaga ketenangan dan kenyamanan hidupnya, sementara pada sisi lain juga tetap ingin exist. Dan dia membuktikan, dia bisa tuh… menjaring lebih dari 200.000 followers di Twitter dengan gaya nge-twit-nya yang khas.

Jadi, yang ingin saya sampaikan di sini adalah, tidak ada salahnya dengan extrovert ataupun introvert. Apabila Anda introvert, Anda cenderung merasa dunia “dikuasai” orang-orang extrovert. Karena orang extrovert lebih rame, lebih berisik, lebih dominan, sehingga para introvert cenderung mengikuti saja. Statistik menunjukkan, lebih banyak CEO extrovert daripada introvert, padahal pakar psikologi menyebut 57 persen penduduk dunia adalah introvert. Artinya, sebenarnya Anda adalah mayoritas yang terbenam oleh minoritas.

Pembahasan mengenai extrovert dan introvert, tipe kepribadian yang dipopulerkan oleh psikolog Carl Jung ini bisa panjang sekali. Saya cukupkan artikel saya sampai di sini. Dengan meminjam contoh dua tokoh yang saya kagumi saya harap artikel ini cukup untuk memberi Anda gambaran, bahwa kedua tipe kepribadian mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Anda tidak perlu menjadi orang lain untuk sukses. Anda hanya perlu menjadi diri Anda sendiri.

Comments

  1. menarik sekali tulisannya... terutama....

    "Anda tidak perlu menjadi orang lain untuk sukses. Anda hanya perlu menjadi diri Anda sendiri."

    saya juga suka Guy dan Nukman.

    salam,
    BUDI Rachmat
    Twitter @ http://twitter.com/budi_rachmat
    FB @ http://facebook.com/BudiRachmat.WSaK

    ReplyDelete
  2. Nice article....... Saya pernah melihat ceramahnya Pak Nukman... memang ia pembicara yang hebat, sangat mempesona.

    Achmad Faisal
    http://achmadfaisal77.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Nice, keren nih tulisannya :)

    ReplyDelete
  4. @ cizkah, budi, Qurrata Kidz, thanks and salam kenal

    @ Acho thanksss :)

    ReplyDelete
  5. Hmmmm nice inpohhhh, insightful. Ini pasti curcol hahahaha. Kalo gw masuk in between bisa gak? Extrovert, tapi kadang butuh menghilang asyik dengan dunianya sendiri....

    ReplyDelete
  6. Saya suka tulisannya, terutama pada bagian yg menggambarkan sang introvert. Salam kenal. :-)

    ReplyDelete
  7. @tuhu wkwkwkwkwkwk ah masa siyyy hu... Untuk tahu tipe kepribadian elo, coba aja test di http://www.mypersonality.info/. Itu adalah test MBTI, dari dua tipe Jung itu masih di-breakdown hu, tentu saja terlalu sempit bila manusia cuman dibagi jadi dua tipe saja... but untuk tulisan ini cukup lah segitu, namanya juga iseng :D

    @Anis, thanks udah visit my blog. Salam kenal ! Blog lo keren !

    ReplyDelete
  8. Mantappp,

    Saya adlah salah satu murid dari beliau (Mr. Nukman)
    Senang sekali kalau ada yang menceritakan lebih dalam siapa nukman itu...

    Thanks banget to mei.
    ROBERT DARWIN

    ReplyDelete
  9. Anonymous3:14 PM

    artikel yang sangat menarik, kira2 saya termasuk yang mana mba mei? :)

    Rohibun

    ReplyDelete
  10. Mbak Mei bagus banget tulisannya, 2 figur inipun saya suka.

    Mungkin ga CEO yang introvert memimpin staf2 yang extro? Btw, Bill Gates dan Steve Jobs masuk yang mana?

    Trims atas inspirasinya melalui tulisan ini.

    ReplyDelete
  11. menarik banget artikel ini memberi kita banyak pengalaman di dunia maya, dan juga memberi inspirasi bagi kita, me indonesia furniture manufacturer and wholesaler

    ReplyDelete
  12. Menarik artikel nya , sama pakar internet dan social media.:D

    nambah pengetahuan nih buat dunia internet..:D

    indonesia shoes manufacturer and fashion footwear factory

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts