West Europe Trip (8): Montserrat, La Sagrada Familia, Flamenco show at Barcelona, Parc Guell

Sebulanan telah lewat sejak saat kami melakukan trip ini. Selama waktu itu pun kami telah kembali settled ke dalam rutinitas. Sekarang mengingat-ingat kembali saat-saat trip rasanya seperti bermimpi. Itulah sebabnya menulis cerita ini adalah hiburan tersendiri buat saya. Semoga meskipun sudah lewat satu bulan, saya masih bisa menceritakan dengan setepat mungkin. Beberapa detil seperti angkutan dan harga-harga memang saya catat dalam buku catatan kecil selama perjalanan.

Sekarang kereta mimpi akan membawa kita ke beberapa tempat terbaik di Barcelona dan sekitarnya. Pada hari kedua di Barcelona kami mengunjungi Montserrat pada pagi hingga siang, siang menjelang sore kami mengunjungi La Sagrada Familia, dan pada malam hari menyempatkan diri menyaksikan pertunjukan Flamenco di daerah Las Ramblas. Hari ketiga sebelum meninggalkan Barcelona untuk melanjutkan trip ke Swiss, kami mengunjungi taman mahakarya Gaudi yang terkenal, Parc Guell.

Pernahkah membayangkan kuil atau gereja di atas gunung tempat orang-orang suci mencari ketenangan? Montserrat, gunung dengan tebing-tebing terjal tak jauh dari Barcelona adalah salah satu tempat tujuan ziarah paling terkenal di Spanyol. Di gunung inilah berdiri kuil Our Lady of Montserrat. Sejak abad ke 12 tempat ini telah dikunjungi para peziarah, khususnya mereka yang ingin berdoa di hadapan patung ajaib La Moreneta (The Black Madonna).

Untuk mencapai Monastery of Montserrat kita dapat menumpang kereta, berangkat dari Placa d'Espana di Barcelona, jurusan Manresa. Di stasiun ini ada pos-pos yang menjual tiket pulang pergi ke Montserrat, termasuk kereta dan cable car untuk naik ke gunung (Aeri de Montserrat). Perjalanan dengan cable car setelah naik kereta 1 jam ini cukup menegangkan.

Apa yang dilakukan di Montserrat? Puri yang berada di atas ketinggian 1200 meter di atas gunung ini adalah rumah dari 80 biarawan. Para biarawan ini menerima kunjungan bahkan kita dapat mengikuti misa yang mereka lakukan setiap hari.

Di area puri ini terdapat sebuah Basilica, di gereja inilah terdapat La Moreneta. Untuk mengunjungi patung Bunda Maria yang memangku kanak-kanak Yesus ini, pengunjung memasuki gereja melalui pintu samping. Di sini biasanya akan terjadi antrian, karena semua pengunjung akan datang ke sini. Jadi tak perlu khawatir, pasti kamu akan menemukannya.

Setiap pukul 13.00 setiap hari di Basilica ini akan ada atraksi dari Escolania, salah satu grup koor anak-anak putra yang tertua di Eropa, berdiri sejak abad ke 13. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu hymne Montserrat yaitu "Salve Regina" dan "Virolai", bukan lagu gereja yang familiar bagi kita. Jangan terlambat, karena children choir ini hanya berlangsung sangat singkat, setelah pukul 13.00 pintu gereja akan ditutup dan mereka hanya menyanyikan 2 atau 3 lagu.

Sekitar pukul 15.30 kami turun dari Montserrat. Kembali lagi ke stasiun Placa d'Espana kemudian lanjut ke La Sagrada Familia naik kereta (metro). La Sagrada Familia atau nama lengkapnya Expiatori de la Sagrada Família yang berarti "Gereja Penebusan Dosa Keluarga Kudus" adalah sebuah gereja Katolik Roma raksasa yang hingga saat ini masih dalam proses pembangunan.

Gereja ini dirancang oleh Antoni Gaudi (1852- 1926) yang mengerjakan proyek ini selama 40 tahun. Gaudi mengabdikan 15 tahun terakhir masa hidupnya pada proyek besar ini. Konstruksi dimulai pada tahun 1882 dan rencananya akan diselesaikan pada tahun 2026. Setelah wafatnya Gaudi di tahun 1926, pengerjaan proyek ini diteruskan di bawah pengawasan Domènech Sugranyes hingga dihentikan untuk sementara akibat Perang Saudara Spanyol tahun 1936.

Maka jangan heran kalau datang ke sini atau pun melihat foto salah satu icon kota Barcelona ini, di antara megahnya menara-menara gereja, selalu saja tidak ketinggalan di sisinya ada crane-crane yang menjulang tinggi.

Di bawah gereja Sagrada Familia terdapat Museum Gaudi. Siap-siap terpesona dengan kegeniusan seniman besar yang mendapatkan sebagian besar inspirasinya dari benda-benda di alam ini.

Pada malam hari di daerah Las Ramblas banyak cafe yang mengadakan pertunjukan flamenco, tarian khas Spanyol dimana penarinya banyak menghentak-hentakkan ujung sol sepatunya untuk menciptakan bunyi ketukan ritmis. Penari wanita mengenakan rok rumbai-rumbai yang lebar dan penari pria mengenakan setelan jas. Keduanya (pastinya) mengenakan sepatu dengan sol yang kuat serta diiringi musik khas Spanyol yang indah. Perpaduan kekuatan musik dan gerakan bertenaga dari kedua penari ini sungguh sangat menghibur. Untunglah kami menyempatkan diri untuk mampir ke sini setelah lelah naik ke atas menara-menara geraja Sagrada Familia. Pertunjukan flamenco dimulai pukul 20.30, kami terlambat untuk show ini, untunglah masih ada show berikutnya pukul 21.30. Pertunjukan berlangsung hanya 30 menit. Sungguh kurang rasanya...

Sebelum pintu dibuka para penonton sudah mengantri karena tidak ada nomor seat. Pastikan kamu duduk di depan supaya dapat melihat jelas ekspresi penarinya, bahkan tetesan keringatnya.

Keesokan harinya kami mengunjungi Parc GUell, sebuah kompleks taman dengan rancangan arsitektur yang megah karya sang arsitek Catalan, Antoni Gaudi. Kompleks taman ini dibangun tahun 1900 hingga 1914 dan menjadi salah satu World Heritage Site UNESCO. Sebuah taman yang luas dan menyenangkan, di sana sini para seniman jalanan akan menemani perjalanan kita. Ada yang membawakan lagu latin, Blues, reggae, serta pop. Menyenangkan sekali.

Parc Guell dapat dicapai menggunakan kereta (metro) tetapi dari stasiun metro kita harus berjalan kaki cukup jauh, setidaknya 20 menit. Saya sarankan lebih baik naik bus, kalau dari hotel kami pada waktu itu adalah bus nomor 24 dari Placa de Catalunya.

Pukul 16.30 kami dijadwalkan untuk berkumpul kembali di hotel. Pukul 17.00 kami menumpang Aerobus menuju bandara. Di tangan kami masing-masing sudah ada tiket Easy Jet Barcelona-Geneve yang dijadwalkan berangkat pada pukul 20.50 malam ini.

Sebelum meninggalkan tanah Spanyol, sebelum berpisah dengan wajah-wajah Hispanik dan suasana mediterania, mampirlah sekali lagi untuk mencicipi Paella yang hangat. Di sekitar Parc Guell banyak resto yang menyediakan makanan khas Spanyol yang terbuat dari nasi ini. Di tempat-tempat lain di Eropa nanti, sudah lebih susah menemukan nasi...

Biaya-biaya:

- Perjalanan ke Montserrat: naik metro 1,6 Euro + kereta lengkap dengan Cable Car 16 Euro PP.
- Tiket masuk Sagrada Familia: 12 Euro

(to be continued)

Comments

1. Anonymous10:01 AM

Montserrat, Parc Guell, Sagrada Familia, paella are so Spain. Barcelona is one of the best place for our West Europe trip.

Byk hal indah yg tidak bisa kita nikmati dan syukuri dlm wkt yg singkat. Baca tulisanmu jadi pengen bisa ikut misa di Montserrat dan Sagrada Fam Basilica.

ReplyDelete
  2. Emang... sayang banget tidak sempat ikutan misa di basilica-basilica yang maha megah itu... Ya mudah-mudahan next time bisa...

3. This comment has been removed by a blog administrator.