Google+ Followers

Tuesday, November 22, 2011

Ketika Josef Bataona Mulai Ngeblog





Saya mengenal pak Josef Bataona sudah lama, atau lebih tepatnya: mendengar namanya dan beberapa kali bertemu dengannya pada event-event HR. Jika Anda orang HR, besar kemungkinan setidaknya Anda pernah mendengar namanya.

Pria yang lembut tutur katanya ini adalah salah satu tokoh HR yang penting di Indonesia. Namanya saja sudah cukup “menjual” untuk dipasang sebagai promosi event-event HR, entah itu sebagai keynote speaker ataupun pembawa materi utama seminar. Berbagai penghargaan di bidang HR telah diraihnya. (simak profil singkatnya di Josefbataona.com). Berbagai hal positif sudah banyak saya dengar tentang dirinya.

Maka ketika berkesempatan bertemu dan mengenal lebih dekat dengan pak Josef saya pun sangat bersemangat. Setelah dua kali pertemuan kami pun sepakat untuk membuat blog pak Josef di Portalhr.com. Ide untuk sharing cerita dan wisdom dari pak Josef Bataona kami sambut dengan sangat antusias hingga pada pertemuan kedua kami sudah langsung datang membawa konsep blog.

Pada saat itu saya dibuat amat sangat terkejut karena pak Josef mengatakan ingin belajar menulis dari saya! Hah, siapakah saya ini, sehingga seorang tokoh besar HR ingin belajar dari saya? Ilmu apa yang bisa saya bagikan? Mendadak panik menyerang.

Namun pulang dari pertemuan itu saya mulai membuat dan menyusun beberapa materi untuk saya sharing-kan kepada pak Josef. Meskipun saya bukan pakarnya, tetapi mungkin ada hal-hal yang saya lebih tahu dan belajar duluan dibanding pak Josef sehingga saya bisa berbagi padanya. Terlepas dari hal itu, saya melihat adalah sesuatu yang luar biasa seorang selevel pak Josef begitu ingin belajar, dari siapa saja.

Itu adalah suatu hal yang saya catat dan ingin saya pelajari dari beliau. Ternyata ini sesuai dengan motto dirinya “Be yourself, but better everyday” yang dijelaskannya dalam beberapa posting di blognya.

Kami di PortalHR.com sangat gembira melihat semangat dan antusiasme pak Josef yang sangat tinggi dalam meng-update blog-nya. Setiap jam makan siang serta pada akhir pekan disisihkannya waktu untuk membuat postingan baru, atau sekadar memberi masukan pada design, ataupun membalas komentar di blog.

Satu hal lagi yang penting bahwa bahkan untuk postingan blog, pak Josef Bataona cukup rendah hati untuk meminta saya mengedit. Tulisan-tulisan beliau sebagian besar ditulisnya dengan ipad, mungkin sambil dalam perjalanan ataupun melakukan aktivitas yang lain, sehingga beliau merasa perlu untuk diperiksa sebelum di-upload. Dari seorang yang mengaku tidak bisa menulis, ternyata sebagian besar “corat-coret” pak Josef di ipad ini sudah siap untuk dipublish di blog, sebagian besar hanya saya edit sangat sedikit, mostly hanya untuk merapikan saja.

Baru satu minggu blog Josefbataona.com diluncurkan, sudah banyak sambutan positif berupa kunjungan ke blog, komentar di blog maupun di Facebook, Twitter, dan lain-lain. Isi blog ini menyegarkan karena menyampaikan wisdom tanpa menggurui. Kita bisa terinspirasi melalui cerita-cerita yang merupakan pengalaman pak Josef sendiri. Semuanya juga disampaikan dengan gaya bertutur yang khas pak Josef, mengingatkan kita pada pak Josef sendiri yang bercerita langsung kepada kita.

Beberapa postingan dan ide postingan saat ini sudah disiapkan pak Josef dengan penuh semangat. Secara rutin kami bertemu dengan beliau dan ini merupakan salah satu hal yang paling saya sukai dalam pekerjaan saya.

Inilah sedikit cerita di balik mulai ngeblog-nya pak Josef Bataona. Awal mula inisiatif blog pernah saya tulis di sini. Tidak hanya blog, pak Josef juga akan aktif di social media lainnya. Akun Twitter dibuatnya pada hari yang sama kami meluncurkan blog (11-11-2011). Semangatnya untuk belajar hal baru memang luar biasa, setelah sebelumnya sudah aktif di Facebook dan Linkedin.

Ketika Josef Bataona mulai ngeblog, saya sangat yakin ini hanyalah langkah awal dari sesuatu yang jauh lebih besar. Kita tunggu saja.

1 comment:

  1. postingan tentang ketika josef... Sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete