Google+ Followers

Thursday, December 01, 2011

3 Model Bisnis Linkedin





Mungkin Anda, seperti juga saya, sudah menggunakan fasilitas gratis dari situs jejaring profesional Linkedin.com dan banyak merasakan manfaatnya. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya, dari mana Linkedin memperoleh penghasilan (income) apabila semua jasanya gratis?

Berikut ini adalah 3 model bisnis (business model) Linkedin seperti dijelaskan langsung oleh Clifford Rosenberg, Managing Director Linkedin S.E. Asia & Australia NZ. Hari ini saya berkesempatan bertemu dengan orang yang sangat spesial tersebut dalam kapasitas saya sebagai Editor in Chief PortalHR.com.

Bagi yang belum mengerti apa itu model bisnis, model bisnis menjawab pertanyaan di atas tadi, yaitu dari mana datangnya uang.

Yaitu, dari 3 hal berikut:

1. Para rekruter dapat menggunakan jasa Linkedin untuk mengakses talent yang mereka minati secara global. Dengan menggunakan Linkedin, perusahaan bisa memperoleh passive candidate, yaitu orang-orang yang tidak sedang aktif mencari pekerjaan.

2. Marketing Solution, yaitu beriklan kepada target yang tepat (Linkedin mempunyai audience yang sangat spesifik. Profesional, sebagian besar high level, dan rata-rata usia secara global adalah 40 tahun).

3. Premium user. Linkedin mempunyai fitur premium (berbayar) dengan fasilitas-fasilitas yang tidak dimiliki user biasa (gratis). Salah satu fasilitas adalah dapat mengirim in- mail.

Rosenberg hadir di Jakarta dalam rangka peluncuran Linkedin versi Bahasa Indonesia. Ketika ditanya mengenai rencana bisnis di Indonesia, Rosenberg hanya menjawab bahwa peluncuran versi Bahasa Indonesia ini adalah langkah awal Linkedin untuk mengenal pasar Indonesia. Setelah mendengarkan (listen) dan mendapatkan insight pasar, barulah mereka akan meluncurkan strategi-strategi bisnis yang cocok dengan pasar Indonesia. Waw... kita tunggu saja.

2 comments:

  1. Wah, itu kan selalu jadi program utama dari bisnis internet.. "Translate" kalo berkembang! maka, akan seperti Google sekarang..

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak untuk berbagi informasi, Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    ReplyDelete