Google+ Followers

Thursday, April 02, 2015

Aplikasi Visa New Zealand dan Visa Transit Australia


Untuk melakukan perjalanan ke negara yang membutuhkan visa, action pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan yang lain-lain adalah aplikasi visa. Bahkan kalau belum dapat visa, rasanya belum pede untuk mengabarkan ke orang lain, minta ijin, mengajukan cuti, atau membeli tiket pesawat. Soalnya visa belum tentu di-approve. Nah, bagaimana cara aplikasi visa New Zealand? Apa saja persyaratan visa New Zealand?


Kebetulan kami juga memerlukan visa transit Australia, karena kami akan terbang dengan Air Asia ke Sydney. Penerbangan selanjutnya dari Sydney ke Auckland menggunakan Jetstar. Beruntung pada waktu itu sudah ada salah seorang teman kami yang sudah memiliki visa (tahun lalu dia dapat visa yang berlaku 2 tahun, dan sudah pernah pergi namun belum puas), sehingga dia sudah meriset dulu dan mencari penerbangan paling murah. Karena itu yang perlu kami siapkan adalah visa sebelum kami dapat melakukan pembelian tiket.

Proses aplikasi visa NZ maupun Australia saat ini sudah dipermudah dalam arti kita tidak perlu datang ke kedutaan, namun melalui agent yang ditunjuk, dalam hal ini adalah VFS Global. Kantornya dulu di jalan Sudirman Plasa Asia/Plasa ABDA (Sebelah CIMB Niaga) tetapi kabarnya kini sudah pindah ke Kuningan City.

Persyaratan visa New Zealand:
1. Isi lengkap form aply visa NZ 
2. Paspor asli (msh berlaku 6 bulan)
3. 2 lbr photo berwarna terbaru ukuran 3,5 x 4,5
4. Surat keterangan bekerja (utk Karyawan) atau bukti kepemilikan perusahaan (utk pemilik perushaan)
5. Bukti keuangan (print buku rekening bank selama 3 bulan)
6. KK (copy)
7. Itynerary
8. Bookingan tiket pesawat

Formulir dapat di download di web :http://www.immigration.govt.nz/

Setelah itu tinggal datang ke kantor VFS, mengambil nomor antrian, menunggu hingga dipanggil petugas, dan menyerahkan dokumen ke petugas ketika dipanggil. Walaupun ketika masuk terasa agak ketat pengamanan, HP dll harus dititipkan, namun di dalam petugas sangat ramah. Mereka akan memeriksa dokumen kita, memastikan sudah lengkap, lalu menerima pembayaran visa.

Biaya pengajuan visa New Zealand adalah Rp 1,250,000. Ditambah Rp 220,000 untuk fee agent (logistic). Setelah membayar biaya tersebut, mulailah penantian dengan deg deg an dimulai. Pelayanan VFS cukup baik, kita pun dapat melacak status pengajuan visa melalui SMS, email, call center dll. Anda juga bisa memilih mengambil sendiri paspor atau dikirim.

Visa Transit Australia

Sekitar satu minggu kemudian, kami pun kembali ke VFS untuk mengambil visa. Kebetulan tempat aplikasi visa Australia juga berada di tempat yang sama, karena itu kami langsung mengajukan visa transit Australia. Ternyata eh ternyata, kita bisa lho mengajukan visa transit Australia, dengan membawa visa NZ kita, hanya dengan membayar Rp 180,000. (Sebenarnya free, tetapi ini hanyalah untuk service charge VFS, yang sangat make sense mengingat layanan kita membuat kita terfasilitasi). Mengutip dari web kedutaan Australia:

Siapa yang seharusnya mengajukan visa transit?
Jika anda adalah pemegang paspor Indonesia, transit visa tidak diperlukan jika anda berangkat dari Australia dalam waktu 8 jam dari waktu anda tiba. Ini juga berlaku untuk pemegang paspor dari beberapa negara-lihat portal website di bawah ini.
Anda harus mengajukan visa ini jika:
  • anda akan berada di Australia lebih dari 8 jam dan kurang dari 72 jam (jika anda akan berada di Australia lebih dari 72 jam, anda harus mengajukan jenis visa yang lainnya).
  • Tujuan anda masuk Australia karena anda:
    • dalam perjalanan ke Negara lain (dalam kondisi transit); atau
    • akan bergabung dalam kapal non-militer sebagai anggota awak.
Apakah detail dari transit visa?
  • Tidak ada biaya visa aplikasi untuk visa jenis ini
  • Visa ini harus diajukan sebelum keberangkatan anda ke Australia
  • Visa transit memperbolehkan anda untuk keluar area bandara. Tetapi, transit visa juga diperlukan jika anda tidak meninggalkan area bandara dan tetap berada di ruang tunggu transit.
Selengkapnya: di sini.

Visa transit ini kemudian hanya berupa satu halaman surat yang dikirim via email, yang memberi kita ijin untuk keluar dari bandara Sydney dan menikmati indahnya kota pelabuhan yang merupakan salah satu kota paling terkenal di Australia itu. Surat satu halaman itu kita cetak sendiri dan jangan sampai hilang ketika melakukan perjalanan. Berbekal itu kita bisa mendapatkan cap di imigrasi Australia, walaupun tidak ada tempelan visa Australia di paspor.. :D
Legalah rasanya ketika sudah memiliki visa. Selanjutnya, persiapan trip masih banyak di depan mata… Ciayooo (bersambung)


24 comments:

  1. boleh saya tanya
    kalo saya mau apply visa NZ itu kan tercantum tiket booking pesawat, nah sebaiknya gimana?

    1. saya beli tiket dulu lalu apply visa
    atau

    2. saya apply visa dulu lalu beli tiket

    mohon saran dan info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya, kami booking pesawat dulu, tapi baru di-issue kalau dapat visa.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. hallo saya mau nanya jika saya ingin mengajukan visa transit dari jakarta untuk pulang dan pergi dengan itinerary sebagai berikut :
    hari 1-3 (72jam) sydney, hari 3-9 NZ, hari 9-11 (72jam) melbourne. bagaimana untuk pengurusan visa transit saat pulangnya tersebut? trims

    ReplyDelete
  3. halo,, saya mau nanya.. jadi bisa ya bikin visa transit Australia dengan hanya membawa visa NZ? (note: tanpa perlu isi formulir, dll ya?

    thanks :)

    ReplyDelete
  4. Halo Mba..
    Mau tanya untuk visa transit Australia apakah berlaku multiple mengingat akan transit 2x saat berangkat ke NZ dan saat balik dari NZ. Mohon pencerahannya..
    Salam,
    Ambari

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab ya.. ia harus multiple..

      Delete
    2. Maksih demonwings jr... maaf lama gak ngecek blog.. :)

      salam

      Delete
    3. Oh Seingat saya kita tinggal kasih tanggal-tanggal kita akan transit di VFS Global (yang ngurusin visa transit Australia), kalau gak salah dikasih suratnya pas tanggal2 yang disebut aja tuh.. ga pake istilah multiply seingatku...

      thanks

      Delete
    4. @mei
      sama2 :)

      yap,, pas di aplikasi cuman sebut tanggal aja..

      sekidar info buat yg mau apply visa,, harus dicek pas udah dapet visa grant notice-nya.. kami skluarga ber-4 apply bareng visa transit Aus untuk ke NZ,, eh yg dpt multiple entries cuman ayah saya.. lalu saya email untuk direvisi,, cepet sih sehari kemudian udah diganti jadi multiple entries..

      sumber:
      pengalaman pribadi nih,, baru aja minggu lalu..


      Delete
  5. Seperti yg saya lakukan tanpa booking tiket dulu visa NZ saya tetap approved. Saya apply visa by online karena saya tinggal di yogyakarta. Saya kirimkan passport saya lewat post Dan tujuh hari kemudian mereka mengirim kembali passport saya dengan sticker visa tertempel.hanya di diharuskan membayar beaya visa untuk kedutaan 1,5jt an,240rb untuk agenVFS Dan 50rb untuk biaya kurir Kirim passport kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seinget saya pas apply visa turis NZ, kalo perginya sendiri bisa by online, tp kalo lebih dari 1 orang ga bisa online alias harus ke VFS.

      CMIIW

      Delete
  6. Mo nanya saat isi form visa transit australia, di bagian purpose of transit diisi apa yah?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya tulisnya : on my way to and from NZ. Semoga membantu :)

      Delete
  7. Anonymous1:25 PM

    Kalo visa transit australia jika ayah ibu dan 2 anak. Pengajuan form nya cukup 1 saja?

    ReplyDelete
  8. hallo Mmbak, saya Ada visa Multiple New Zealand 2 th, Visa Australia 1 Th apa bisa Di perpanjang, atau harus applay ulang lg seperti awal..
    Misal kan Visa NZ and Australia Bisa di perpanjang, di mana saya bisa memperpanjang ya ?, mohon informasinya... Tahks JESS

    ReplyDelete
  9. wah mohon maaf mbak, kalau untuk itu saya kurang tahu.. mungkin bisa ditanyakan langsung ke VFS Global.. ? --thanks juga udah mampir ke sini.. :)

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba,

    Mau tny, setelah apply visa NZ dan sdh jadi, saat applg visa transit australia kira2 berapa lama prosesnya ya? Makasih

    ReplyDelete
  11. @dewi

    bisa di apply disaat yg bersamaan :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. halo, mau tanya dong mengenai visa transit. saya akan transit di sydney dari CHC sekitar 7jam10 menit untuk kepulangan ke Jakarta, apakah bisa saya proses visa transit dengan confirmation tiket palsu (agar visa transit bisa terbit). apakah akan bermasalah saat di imigrasi sydney ? mohon info nya
    Atau jika sdh ad Visa NZ, apakah masih harus kasih tiket pulang dari aussie? karena saya saat transit 7jam itu mau keluar syd ketemu teman.. maka sy butuh visa transit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Novilia, seingat Saya persyaratan yg diperlukan hanya visa NZ saja. Kalau Sudah punya visa NZ bisa tanyakan sekalian di VFS global.. semoga membantu :)

      Delete
  14. Assalamu alaikum Wr Wb
    Saya hanya sekedar berbagi dengan sobatku yang ada di perantauan karena saya bisa merasakan jadi TKI. dan apa yang saya sampaikan disini tidak ada unsur rekayasa dan saya berani sumpah tuju turunan saya tidak selamat dunia akhirat kalau saya tidak menikmati hasil metode dari ki Ageng. Awalnya sih saya juga tidak yakin tapi karena terdesak soal keuangan (ekonomi) akhirnya saya coba konsultasi di No beliau +62812-4576-7849 syukur Alhamdulillah dalam waktu singkat (3 hari) saya bisa mendapatkan uang senilai 300 juta. percayalah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. tidak ada salahnya sekedar konsultasi siapa tau bernasib mujur. Beliau bisa membantu melalui Angka Togel dan penarikan Dana Gaib

    ReplyDelete
  15. Halo mba.. salam kenal.
    Mau nanya kalau sdh punya visa australia multiple entry trus mau kunjungan ke NZ. Apakah harus buat visa NZ lg yah? Thanks

    ReplyDelete