NZ Trip (1): Terbang ke Negeri Kiwi, Mampir di Negeri Kangguru

Tibalah saat yang dinanti-nantikan, dan bikin deg-degan itu. Yaitu saat memulai perjalanan. Walaupun bukan pertama kalinya bepergian, tetapi masih juga sering merasa deg-degan dan tidak bisa tidur. Berbagai perasaan kadang bercampur aduk. Excited, senang, seru, bercampur sedih dan guilty juga, karena meninggalkan yang kita tinggalkan. Pekerjaan, teman, rekan kerja, orang tua, orang-orang terdekat.

Dalam perjalanan ke bandara biasanya masih tersisa di pikiran urusan-urusan pekerjaan yang baru saja kita tinggalkan, hal-hal keseharian, dll, tetapi, ketika tiba di bandara, dan ini salah satu hal yang paling saya senangi, adalah ketika bertemu kembali dengan teman-teman jalanku ini. I’m so lucky to have them.

Jakarta - KL - Sydney - Auckland

Penerbangan Jakarta-Auckland memerlukan waktu 10-12 jam kalau langsung. Di kasus kami, lebih dari 12 jam. Agak tricky menghitung lama perjalanan dalam hal seperti ini. Belum lagi ditambah perbedaan waktu dan transit. Mari kita hitung.

Pesawat Air Asia QZ 206 berangkat sekitar pukul 18.30 dari Jakarta. Dua jam kemudian tiba di KL. Ada perbedaan waktu, jadi ketika tiba, keluar dari pesawat dll  sudah hampir pukul 22.00. Sekitar pukul 23.30 kami berangkat dari KL ke Sydney dengan Air Asia D7 222. Tidak banyak waktu yang kita miliki di bandara KL yang cukup besar, dan kita harus ke counter transfer dulu.

Air Asia D7 222 KL-Sydney menggunakan pesawat yang lebih besar dibanding Air Asia QZ 206. Pesawatnya ada 3 deret, lama perjalanan 7 jam. Dan, gak dapat makan tentu saja. Tempat duduknya saja kami terpisah-pisah. Saat itu sudah tengah malam, semua penumpang menyiapkan posisi enak untuk tidur. Mau jajan juga sudah malas.

Karena itu besok paginya pun pada kelaparan. Tanpa terasa ketika tiba di Sydney sudah jam 9.45. (Ada perbedaan waktu lagi antara KL dan Sydney, 2 jam) Keluar-keluar, urus imigrasi dll, sudah pukul 10.30. Di sini sempat men-declare makanan kita (kacang) dan obat-obatan, ternyata oke tuh, lolos.

Horeee.. masuk Australia

Lega dan senang rasanya setelah melewati imigrasi dan custom yang ramai, dan pemeriksaan yang cukup ketat, dan memasuki Australiaaaa…!!! (for me, it’s the first time J) Cap Australia pun menempel di paspor… walaupun tidak dengan visa, soalnya kami menggunakan visa transit.

Setiba di daratan, masing-masing memiliki kesibukan sendiri, gue kelaperan dan butuh kopi, langsung mencari McD. Ada yang sibuk ke Vodafone untuk memberi kehidupan pada HP-nya, ada yang ke toilet, dll.

Rasanya aneh juga. Bangun tidur (sepertinya ada tidur walaupun tidak banyak, di pesawat) dan hari sudah siang. Saat itu sudah pukul 11 ketika kami makan di McD. Yah, paket breakfast McD udah gak ada.. L Saya memesan cheese burger dan kopi, total sekitar 6 dolar Australia.

Di sini kami menitipkan koper (biaya 9 AUD per koper kalau gak salah), dan naik airport train (32 AUD per person) menuju kota. Sydney, here we comes…

Sydney Airport Train

Sydney Opera House & Free Sydney CBD Shuttle 555

Kami turun di Circular Quay, dari sini kami berjalan hingga Opera House, lalu ke Macquarie. We enjoyed walking in the park here, menyusuri pantai dari Circular Quay, ke arah Opera House, dan seterusnya sampai Macquarie. Siang itu panas, banyak orang berolahraga pada siang hari (mungkin bagi kita aneh ada lari jam 12 siang), banyak juga yang bersantai di taman dengan anak-anaknya, ada juga yang hanya membaca buku di taman sambil berjemur, serta banyak burung camar di tepi laut memperindah pemandangan.

Kami terkagum-kagum dengan tamannya yang indah, terpelihara, dengan pohon-pohon yang besar serta ada juga yang unik. Dari sana kami balik lagi ke Circulay Quay untuk naik bus 555. Kami sudah mendengar bahwa bus 555 adalah bus gratis yang melewati CBD Sydney, berangkat setiap 10 menit, melingkari pusat kota, dari Central Station ke Circular Quay. Di sini banyak melewati obyek-obyek wisata populer di Sydney, karena itu merupakan pilihan yang tepat bagi kami melewati beberapa jam yang kami miliki di Sydney.

a Sydney afternoon on May

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, sekitar jam 3.30 kami bergegas ke Central untuk naik kereta ke bandara. Sempat beli makanan cepat di Central, Asian Food yang lagi sale, cuman 5 AUD, untuk dimakan di bandara.

makan dulu di airport Sydney
Penerbangan dari Sydney ke Auckland dengan Jetstar berangkat 6.30 PM dan tiba 11.35 PM waktu Auckland. Lama perjalanan 3 jam, ditambah perbedaan waktu 2 jam. Yuk, sekarang kita totalin. Jakarta-KL 2 jam +1, KL-Sydney 7 jam +2, Sydney-Auckland 3 jam +2. Total waktu penerbangan 12 jam, ditambah total perbedaan waktu antara Jakarta dan Auckland 5 jam. Ditambah mampir ke Sydney sekitar 4-5 jam, gak terasa kita udah melalui 2 hari aja. Berangkat tanggal 21 Mei sore, tiba tanggal 23 mei pagi. Such a long flight kan…

Karena perbedaan waktu kita kehilangan 5 jam, tapi jangan khawatir, we’ll get it back later.

(bersambung)

Baca juga tulisan sebelumnya:

Comments

1. akhhh jadi pengen ikutannn jugaaaaaaaaaaaaaaaa...

ReplyDelete
  2. HAhahaaaa.. ayuuuuukkk

3. Herry7:20 PM

Kmrn dpt tkt ke new zealand brp yaa??