Google+ Followers

Tuesday, May 19, 2015

5 Kota Kecil Nan Cantik di New Zealand

Kota-kota kecil yang kami lewati dalam Road Trip New Zealand sempat menarik perhatian kami, bahkan mencuri hati kami. Tiap kali lewat kota-kota ini timbullah khayalan tentang betapa permainya hidup di sini. Ini adalah beberapa kota pilihan saya:

1. Bleinheim
Bleinheim ini kota terbesar di wilayah Marlborough di Pulau Selatan, tempat yang terkenal dengan produksi wine terbesar di seluruh New Zealand. Di sekitar sini paling banyak bisa ditemukan perkebunan anggur, dan menikmati iklim yang paling cerah di NZ. Tak jauh dari pusat kota ini ada sebuah bandara (bukan internasional), Marlborough Airport yang merupakan bandara regional yang cukup sibuk karena Bleinheim menjadi pusat industri anggur.

2. Geraldine
Dalam bahasa Maori, Heratini, Geraldine berada di wilayah Canterbury di Pulau Selatan. Sekitar 140 km di selatan Christchurch, kota ini menyajikan suasana kota kecil yang menyenangkan, dengan hutan-hutan tua yang masih dipelihara, serta ada juga pusat-pusat seni dan kerajinan. Ternyata dulu Geraldine pernah bernama Talbot Forest, serta FitzGerald. Di sini juga cukup banyak penginapan karena telah populer sebagai tujuan wisata serta banyak juga obyek wisata tak jauh dari kota ini.

3. Glenorchy
Kota yang mistik dan sendu ini terletak di ujung utara Lake Wakatipu di Pulau Selatan, tepatnya di wilayah Otago. Kota ini hanya 45 km dari Queenstown, tempat kami menginap. Kecantikan dan suasana Glenorchy yang unik menjadikannya lokasi syuting beberapa film terkenal seperti Lord of The Rings, Vertical Limit, X-men Origins: Wolverine, dan The Chronicles of Narnia: Prince Caspian. Pemandangan di sekitar sini memang bagus-bagus, tak jauh dari sini juga ada kota bernama Paradise.

4. Arrowtown
Arrowtown di musim gugur, seperti inilah wajahnya ketika kami datang. Source: Arrowtown.com
Arrowtown ternyata adalah kota yang historis karena dulunya adalah kota pertambangan emas, terletak di wilayah Otago di Pulau Selatan New Zealand. Kota ini juga tak jauh dicapai dari Queenstown serta merupakan salah satu destinasi wisata populer juga. Mereka juga punya official website www.arrowtown.com.

5. Queenstown
Queenstown di winter, seperti inilah wajahnya ketika kami datang. Source: Queenstown.com

Queenstown, kota tempat kami menginap dua malam ini, mungkin adalah yang terbesar dibanding kota-kota di atas. Kota ini sudah menjadi kota resort serta menyediakan banyak tujuan wisata komersial, seperti Shotover Jet, dan Bungee Jumping yang terkenal di Sungai Kawarau.

Dalam bahasa Maori Tahuna, kota ini berada di wilayah Otago di pulau Selatan New Zealand. Kota ini dibangun di sekitar teluk Queenstown yang menjadi bagian dari Lake Wakatipu, danau yang memanjang berbentuk Z di bawah beberapa pegunungan terkenal, di antaranya The Remarkables, Cecil Peak, Walter Peak, dan Quenstown Hill yang persis di atas kota Queenstown. Kota ini adalah kota ketiga terbesar di wilayah Otago setelah Dunedin dan Oamaru. Official website: www.queenstownnz.co.nz/

Baca juga: Road Trip New Zealand (Catper)

No comments:

Post a Comment