Google+ Followers

Friday, May 15, 2015

Manisnya Anggur New Zealand

Kesempatan bepergian ke suatu negara adalah kesempatan yang baik untuk mengenal negara tersebut. Saat ini informasi demikian mudah untuk didapat, jadi pada saat yang sama dengan kita bepergian, adalah kesempatan yang baik untuk kita mendapat informasi tambahan tentang tempat yang kita kunjungi sehingga lebih bermakna dan mudah menempel dalam ingatan.

Negara Selandia Baru sering dikatakan sebagai negara yang populasi dombanya melebihi populasi manusia. Total penduduk negeri Kiwi ini hanya 4 jutaan, dan sebagian besar tinggal di kota-kota besar seperti Auckland, Wellington, Hamilton, Christchurch. Sisanya, negara ini dipenuhi pemandangan pedesaan yang indah, kota-kota kecil nan cantik, serta peternakan dan perkebunan anggur. Selain sepanjang negara ini dipenuhi topografi yang unik, ada gunung, danau, pantai, yang memberi kekuatan pada pariwisatanya. Suatu negara yang demikian unik!

Anggur Selandia Baru, saya highlight di sini, karena ternyata tidak hanya perkebunannya yang menambah pada keindahan alam di sini, serta manisnya anggur merah yang bisa kita dapatkan di berbagai penjuru di sini, ternyata anggur juga memegang peranan penting dalam perekonomian New Zealand. Betapa tidak, seperti dikutip dari The Economist, industri anggur di sini telah menjual 1 milyar gelas wine di 100 negara.

Pemandangan yang menyenangkan di supermarket, Wellington.


Tak pelak, anggur adalah bisnis yang serius di sini. Pada tahun 2007, anggur telah mengatasi wol dalam urutan komoditas ekspor New Zealand. Komoditas lain yang merupakan unggulan ekspor negara ini seperti daging sapi, lamb, perikanan, serta buah-buahan. Nah, ketika di sana, jangan sampai melewatkan kesempatan mencoba komoditas-komoditas ini. Karena selain segar dan berkualitas, harganya juga lebih murah dibanding kita beli di Indonesia (produk impor).

Walaupun paling dominan di daerah Marlborough, ternyata perkebunan anggur membentang dari ujung utara hingga selatan New Zealand. Coba google New Zealand wine map. Tujuan utama ekspor wine ini adalah negara-negara besar seperti Amerika, Australia, dan China. Produksi terbesar adalah tipe Sauvignon Blanc. Harga rata-rata di market adalah 13 AUD.

Source: New Zealand Winegrowers Annual Report 2014

Sayangnya, tidak sempat wine tasting di sini, serta sayangnya tidak bisa saya bawa pulang. Namun cukup bersyukur telah mengecap manisnya anggur Selandia Baru di tempatnya.

Baca juga:




No comments:

Post a Comment