Google+ Followers

Thursday, July 30, 2015

Bawa Duit Apa Ke Rusia?



Penampakan salah satu money changer di kota Moscow


Menjawab pertanyaan dalam judul di atas: ya tentu saja bawa mata uang Rusia, yaitu Rubel. Tetapi kenapa perlu ditanyakan? Karena di Jakarta ini cukup sulit mendapatkan uang Rubel. (Saran saya, kalau bertemu Rubel di money changer, boleh dibeli dan dikumpulkan sedikit demi sedikit, apabila memang punya rencana untuk pergi ke Rusia). Di forum-forum traveler ternyata juga ada yang menanyakan, misalnya bawa US Dollar atau Euro? Hal ini apakah menandakan di negara-negara mereka juga tidak umum atau tidak mudah mendapatkan Rubel? Entahlah. Trip saya dilakukan pada bulan Juni 2015, dan saya yakin hal ini akan berubah dalam waktu beberapa tahun kemudian, karena akan semakin banyak orang yang bepergian ke Rusia, sehingga tidak akan terlalu sulit lagi menukar uang Rubel di Jakarta.

Mungkin juga ada faktor lain, seperti volatility Rubel saat ini. Atau memang faktor mudahnya menukar uang US Dollar atau Euro di Rusia, jadi banyak traveler di forum menyarankan bawa US Dollar (yang mungkin memang adalah mata uang mereka sendiri). Akhirnya memang itu yang saya lakukan. Walaupun kemudian hal ini jadi membuat segalanya membingungkan. Karena kita jadi kena dua kali kurs, Rupiah terhadap US Dollar, lalu US Dollar terhadap Rubel. Selain itu beberapa kali menukar uang, mendapat kurs yang berbeda. Karena itu, bila ditanya sesuatu itu harganya berapa dalam Rupiah, saya jadi agak bingung, karena kurs yang berbeda-beda. Karena itu biar tidak ribet di sana kita gunakan patokan 1 Rubel = 300 rupiah untuk harga barang-barang. Misalnya harga makan di McD sekitar 270 Rubel, maka kira-kira rupiahnya Rp 81,000 gitu.

Salah satu teman kami membeli Rubel di Jakarta seharga 290. Kami membeli US Dollar dengan harga 13,200. Lalu tuker di sana dapat beda-beda kurs. Di bandara 1 US Dollar hanya 39 Rubel. Di kota 51 koma sekian. Beberapa hari kemudian 52 koma sekian karena Rubel melemah. See what I mean? Karena itu, biar lebih mudah, dan yang terbaik memang kita siapkan Rubel sebelum berangkat.

Baca juga:

Rusia 2015. Pengalaman tak terlupakan

Persyaratan visa Rusia

6 comments:

  1. Paling aman memang bawa dollar atau euro ya, daripada nuker di Indonesia tapi rate nya kecil, sayang juga :(

    Jalan2Liburan → Weekend Well Spent in Disneyland Paris

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, tapi lebih baik lagi bawa mata uang negara tsb, gak usah berlebih. Buat spare bisa bawa dollar, jadi gak repot kalau nanti dituker kembali di tanah air.

      Delete
  2. kalo nuker rubel di Jakarta dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya aja di money changer2 yang biasa kamu datangin, kadang mereka suka kebetulan ada..

      Delete
    2. yang mau jual/ beli uang rusia, bisa hub saya di 085754430765

      Delete
    3. Yah telat.. kmrn Saya rada kesulitan nukerin sisa rubel Saya.. mas rate nya berapa? Thx

      Delete