Google+ Followers

Tuesday, July 28, 2015

Cuaca Rusia di Bulan Juni



Kazan Cathedral, St. Petersburg, pukul 21.00

Cuaca di tempat tujuan adalah suatu yang penting untuk diketahui sebelum berangkat. Hal ini karena cuaca akan menentukan pakaian dan perlengkapan yang akan kita bawa. Besar kemungkinan manusia-manusia yang hidup di era internet seperti Anda dan saya akan mencari di search engine dengan keyword “cuaca Rusia di bulan Juni” atau “Russia weather in June” or “Moscow weather” dll. Kita yang hidup di era ini sangatlah dimanjakan dengan banyaknya informasi yang akan mempersiapkan kita dalam perjalanan.

Saat ini apabila kita melakukan pencarian di Google tentang cuaca, hasilnya cukup lengkap. Khususnya di kota-kota yang saya cari, seperti Moscow, St. Petersburg, Irkutsk, dan Ulan Ude, cuaca dari hari ke hari cukup detil, bahkan dari pagi, siang, sore, malam, menampilkan suhu yang berbeda-beda. Google Now juga membuat saya terkesan kali ini. Entahlah siapa yang memberitahu padanya, tapi tahu-tahu dia sudah mencatat jadwal penerbangan saya (saya tidak ingat mendaftarkan email saat memesan tiket pesawat. Tiket pesawat pun di-book dengan bantuan teman saya). Google Now saya menampilkan informasi cuaca, tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, di Bangkok dan Moscow yang tercatat dalam tiket pesawat saya.

Bulan Juni di Rusia adalah awal musim panas. Berdasarkan informasi yang saya cari, musim panas di Rusia tidaklah panjang. Sepanjang tahun mereka menghadapi cuaca yang dingin, di tempat-tempat tertentu bahkan sangat dingin (merupakan tempat terdingin di dunia). Musim panas (summer) yang datang pada bulan Juni, Juli, dan Agustus disambut dengan gembira. Musim panas ini juga merupakan musim liburan alias high season bagi traveler. Banyak orang kota memiliki rumah musim panas di desa, yang memiliki kebun sayuran, yang mereka kunjungi pada musim panas. Siang hari lebih panjang pada musim panas, langit masih terang hingga pukul 21.00. Orang-orang duduk di depan rumah membaca koran pada pukul 21.00. Sunset dapat dilihat pada pukul 22.00. Di St. Petersburg fenomena ini terkenal dengan nama White Night (Malam putih).

Namun pada awal bulan Juni, summer belum-lah genap. Di Moscow di pagi dan malam masih bisa mencapai suhu 11 atau 12 derajat Celcius. Siang hari terik sekitar 24 derajat. Yang paling panas kami alami di Irkutsk dan Ulan Ude, mencapai 28 derajat Celcius. (di bulan Juli mungkin suhu mencapai 30-an). Dengan suhu yang galau seperti ini tidak heran kalau kita bertemu di jalanan dengan fashion yang bervariasi: ada yang pakai you can see, tetapi ada yang memakai jaket. Paling aman adalah mengenakan kaos, tetapi membawa jaket, karena terkadang angin datang dan cukup dingin. Paling dingin saya rasakan di pulau Olkhon di danau Baikal. Pada musim dingin danau di Siberia ini akan membeku dan dapat dilalui mobil, pada musim panas matahari sangat terik, tetapi angin yang berhembus menusuk-nusuk tulang.

Pada saat packing untuk trip ini saya sempat bingung juga. Mau bawa jaket tebal atau jaket tipis? Mau bawa tangan panjang atau pendek? Mengingat Juni disebut musim panas, tetapi kok suhu 12 derajat? Itu kan mayan dingin… Akhirnya saya hanya bawa jaket yang biasa (tidak tebal), asal bisa menahan angin. Bila kurang dapat ditambahkan peralatan lain seperti syal, sarung tangan, dan topi kupluk. Peralatan ini biasanya dibawa pada waktu jalan-jalan, baru dikenakan pada malam hari. Payung juga penting, karena di awal musim panas ini beberapa kali kami bertemu dengan hujan. Bila tidak hujan, payung juga dapat melindungi kita dari panas yang terik. Saran saya, periksalah informasi cuaca sedetil mungkin, dan bawalah pakaian yang sesuai dengan Anda sendiri. Setiap orang tentu memiliki daya tahan yang berbeda terhadap dingin atau panas, jadi tak perlu malu, misalnya, untuk mengenakan jaket tebal, karena percayalah, fashion di bulan Juni ini benar-benar beragam. Ada yang mengenakan celana pendek tetapi ada juga yang mengenakan topi kupluk, syal dan jaket tebal. Yang penting Anda merasa nyaman, dan jangan sampai jatuh sakit di negeri orang. Cuaca di sini juga mudah berubah-ubah, karena itu periksalah dengan detil kota tujuan, dan tanggal Anda berada di sana. Cerita saya ini di awal Juni 2015, di akhir bulan Juni bisa saja cuaca semakin panas.

Baca juga:


7 comments:

  1. Love the weather in June, gak gerah dan gak terlalu dingin, enak kalau buat jalan kaki atau tidur :)

    Jalan2Liburan → Weekend Well Spent in Disneyland Paris

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sih, tapi kalau summer pemandangannya ijo semua, mirip di tanah air... :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Mba mei.....mau dong tau tentang cara buat visa rusia sama cara pesan tiket kereta trans siberia
    Sangat mengesan kan buat saya dan inspiratif. Karena saya bekerja di royal caribbean cruises line. Yang sudah bosan dengan pantai pengen sekali melakukan traveling seperti yang mba mei lakukan saya ingin sekali mrnjelajah dengan trans siberia dari ujung yang paling timur sampai ke ujung yang paling barat. Ksrrna liburan saya sangat mrmungkinkan untuk prnjelajahan ini

    Thanks mba mei

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii Mei.... so, kapan waktu ( bulan ) bagus utk ke Russia Moskow?
      Tq

      Delete
  3. Halo Andi, wah kedengarannya menyenangkan bekerja di kapal Cruise... terima kasih sudah mampir ke blog ini. Untuk visa Rusia bisa liat di link berikut: http://www.meisia.com/2015/06/persyaratan-visa-rusia.html. Pesan tiket kereta Trans Siberia bisa di website Russian Railways di http://eng.rzd.ru/

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum Wr Wb
    Saya hanya sekedar berbagi dengan sobatku yang ada di perantauan karena saya bisa merasakan jadi TKI. dan apa yang saya sampaikan disini tidak ada unsur rekayasa dan saya berani sumpah tuju turunan saya tidak selamat dunia akhirat kalau saya tidak menikmati hasil metode dari ki Ageng. Awalnya sih saya juga tidak yakin tapi karena terdesak soal keuangan (ekonomi) akhirnya saya coba konsultasi di No beliau +62812-4576-7849 syukur Alhamdulillah dalam waktu singkat (3 hari) saya bisa mendapatkan uang senilai 300 juta. percayalah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. tidak ada salahnya sekedar konsultasi siapa tau bernasib mujur. Beliau bisa membantu melalui Angka Togel dan penarikan Dana Gaib

    ReplyDelete