Penerbangan Jakarta-Moscow (via Bangkok) dengan Aeroflot

Photo Sources: Aeroflot Instagram

Jarak Jakarta ke Moscow sekitar 13,500 km, ini mungkin salah satu titik terjauh dari rumah yang pernah saya capai, entahlah. Ada banyak cara mencapai Moscow dari Jakarta, ada beberapa penerbangan yang tersedia, seperti Lufthansa, Qatar, dll. Saya beruntung bertemu dengan Aeroflot, flag carrier Rusia yang bahkan namanya baru pertama kali saya dengar waktu itu. Kenapa beruntung? Karena tarifnya waktu itu adalah yang paling murah dibanding yang lain. Cara saya menemukan penerbangan ini adalah dengan menggunakan Fare Compare, salah satu price comparison website yang ternyata cukup membantu.

Aeroflot sebenarnya tidak sampai Jakarta, karena itu kita harus transit dulu ke Bangkok. Penerbangan dari Jakarta ke Bangkok bekerjasama dengan Garuda, saya menganggap hal ini sebagai mendapat bonus, karena naik Garuda, dalam hampir segala hal, ternyata lebih baik dari Aeroflot.
Pengalaman naik Garuda ini kalau saya pikir-pikir, singkat kata, membuat saya rasanya kangen naik pesawat. Dan berpikir, sebisanya, kalau long haul, jangan naik budget flight deh. Kalau bisa.. :D

Penerbangan Jakarta-Bangkok hanya 3 jam. Kami berangkat sekitar pukul 18.00 dari Jakarta. Kami, sekali lagi, dapat bonus, satu malam di Bangkok. Karena penerbangan Bangkok ke Moscow baru keesokan harinya pukul 10.00, maka kami memutuskan untuk keluar jalan-jalan di ibukota Thailand itu. Ke mana lagi yang ada hiburan malam plus tempat tidur murah, kalau bukan ke Khaosan Road? Kami menumpang taksi berbentuk Toyota Inova garis-garis hijau dari airport ke daerah yang terkenal sebagai pusat backpacker itu. (tariff taksi 500 THB sudah termasuk tol)

Di Khaosan Road teringatlah nostalgia petualangan Bramp mui tahun 2007. Sejak delapan tahun yang lalu sudah ada orang-orang yang minum tequila dengan ember yang pastinya menarik perhatian pengunjung yang lewat. Bar-bar jalanan dengan DJ yang memainkan musik sambil orang-orang duduk dengan ember kecil di meja masing-masing. Kami mengira ember itu berisi bir, tapi ternyata itu adalah berbagai pilihan cocktail.

Kami tidak minum. Selain karena tidak punya cukup Bath, saya khawatir satu malam di Bangkok ini bisa berubah menjadi salah satu episode Hangover dan batallah seluruh perjalanan ke Rusia yang sudah direncanakan… :D Kami hanya makan pad thai yang rasanya tawar sambil menumpang mendengarkan music di warung yang menyediakan ember-ember cocktail itu.

Very Strong Cocktail inside the Bucket.. at Khaosan Road, Bangkok

A long day, literally

Keesokan paginya kami berangkat seawal mungkin karena kabarnya Bangkok cukup macet, dan sekitar pukul 07 kami telah tiba di bandara Svarnabhumi. Surprise… karena ternyata kami harus membayar airport tax di sini, karena tiket kami tidak termasuk airport tax bandara Bangkok. (airport tax 700 bath, salah satu teman terpaksa menukar uang).

Penerbangan Bangkok ke Moscow membutuhkan waktu 10 jam. Berangkat pukul 10.00 waktu Bangkok, kita akan tiba di Moscow pukul 16.00 waktu Moscow (karena perbedaan waktu). Sepanjang perjalanan matahari siang begitu silau, hampir semua penumpang menutup jendelanya. Ini adalah perjalanan sepanjang siang yang sangat panjang, dan begitu sampai di tempat tujuan pun tetap siang! (walaupun kita telah melewati 10 jam). Pukul 16 di Moscow sedang terik-teriknya karena mereka baru gelap pukul 21 atau 22. Jadi, benar-benar long day, literally.

Penerbangan pulangnya, untunglah, pada malam hari. Pukul 19.00 kami berangkat dari Moscow. Jadi sepanjang perjalanan bisa tidur saja, dan tak terasa keesokan harinya sudah tiba di Bangkok. Sarapan pun selalu datang tepat pada waktunya, ketika kita membuka mata. Penerbangan belasan jam ini tak menjadi masalah sama sekali, malah menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca juga:

Comments

1. ribet ya masih aja airport tax dipisah2in gitu, apalagi bayarnya mesti pakai uang lokal..

Jalan2Liburan → Pantai Kamari dan Matahari Terbit Pertama di Santorini

ReplyDelete
    Replies
    1. Yup soalnya yang diitung cuman airport Moscow sama Jakarta, asumsinya kita gak keluar di airport Bkk.. :)

Delete
  2. Anonymous10:08 AM

halo, mau minta review aeroflot dong. dari segi kenyamanannya, baik itu tempat duduk, kabin dll..
    soalnya ada rencana mau ke rusia, pilihannya antara aeorflot atau thai ariways. makasih yaa..

ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... thanks komen-nya. Wah kalau disuruh review secara khusus aku udah agak lupa nih. Yang jelas dari segi kenyamanan, baik itu tempat duduk, kabin, makanan, entertainment, kebersihan toilet dll.. standar lah.. sama dengan airline lain yang setara. Kalau dibanding Thai airways menurutku hampir sama lah.. Saya sih puas terbang dengan Aeroflot, menurutku nyaman, dan pramugarinya juga baik. Kita juga dikasih penutup mata dan sandal hotel selama berada di pesawat (hal kecil yang malah saya ingat) :)