Google+ Followers

Tuesday, August 25, 2015

Penting: Registrasi Visa Selama di Rusia


Setiap pengunjung ke Rusia harus mendaftarkan visanya dalam waktu 7 hari kerja setelah kedatangannya. Sebelum tahun 2011 lebih parah, yaitu dalam waktu 72 jam. Waktu kami baca soal ini tentu saja kaget, dan merasa itu merepotkan banget. Apalagi setiap kali registrasi itu berarti ada biayanya.

Tak perlu khawatir, karena hostel tempat kita menginap dapat membantu melakukan registrasi ini. Cukup menyerahkan paspor dan membayar. Fee yang diterapkan masing-masing hostel atau hotel mungkin berbeda. Kami membayar kalau gak salah 250 rubel (di Nikita Homestead). Di hostel lain mostly kami hanya satu malam, jadi tidak perlu mendaftar. Selain itu kami banyak menginap dalam perjalanan, alias tidur di kereta. Apalagi Trans Siberia dari Ulan Ude ke Moscow saja sudah empat hari. Nah, apabila demikian, sebaiknya semua tiket perjalanan disimpan untuk membuktikan perjalanan kita tersebut, kalau-kalau diperiksa.

Karena perubahan aturan baru pada tahun 2011, masih ada petugas yang belum familiar, karena itu dinasihatkan agar kita mendaftar dalam waktu 72 jam setelah kedatangan. Karena pendaftaran ini adalah tanggung jawab tempat akomodasi kita, mereka pastinya akan membantu, karena bila kita tidak mendaftar, mereka juga akan mendapat kesulitan.

Bagaimana kalau kita tidak mendaftar? Kita bisa dikenakan denda karena melanggar aturan, sehingga akan mengurangi peluang kita untuk mendapatkan visa Rusia di kemudian hari.

Dalam perjalanan kami selama total 15 hari kami hanya mendaftar sekali. Dan untunglah kami tidak pernah bertemu petugas yang memeriksa.


bukti sudah registrasi visa, halaman belakang. Halaman depan nama dan nomor paspor


 Baca juga:



5 comments:

  1. Replies
    1. iya euy, aturan yang cukup aneh...

      Delete
  2. Anonymous10:12 AM

    untuk sekali registrasi , valid untuk berapa hari ya ? kemudian apakah setiap ganti hotel di lain kota wajib registrasi lagi ? Thank you ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditanyakan ke hotel tempat Anda menginap, karena hal ini jadi responsibility mereka.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete