Google+ Followers

Thursday, November 03, 2016

Cuaca Kathmandu, Pokhara, Nagarkot, Chitwan Oktober 2016

Weather in Kathmandu, Pokhara, Nagarkot, Chitwan on October 2016

Google Now menunjukkan suhu hari ini dan beberapa hari ke depan.

Pagi itu mengandalkan wifi dari Hotel Holy Himalaya Kathmandu saya membuka Google Now yang memberi saya informasi cuaca hari ini serta ramalan cuaca beberapa hari kemudian. "Ternyata panas ya," komentar beberapa teman. Saya hanya mengenakan celana pendek (pinjaman) dan kaos yang saya beli semalam dari toko souvenir.

Menjelang siang cuaca menjadi semakin panas. Tanggal 9 Oktober memasuki pertengahan Oktober yang katanya akan memasuki musim dingin, ternyata di sini masih panas. Cuaca adalah salah satu faktor yang sempat membuat galau sebelum berangkat. Cuaca adalah hal yang sangat penting dicari tahu sebelum berangkat karena berkaitan dengan packing (pakaian apa saja yang akan dibawa).

Sebelum berangkat tour leader kami memberitahu bahwa pada bulan Oktober di Nepal akan mulai dingin karena akan memasuki winter. Tetapi pada waktu saya melakukan pencarian, suhu rata-rata di tempat-tempat yang akan saya kunjungi adalah:

Kathmandu: 20 derajat Celcius
Chitwan: 25 derajat Celcius
Pokhara: 19 derajat Celcius

Jadi, tidak dingin-dingin amat kan? Saya pun bingung, tetapi karena sudah dipesan bahwa akan cukup dingin, terutama di daerah gunung-gunung, karena itu saya pun mempersiapkan baju hangat, syal dll. Dan saya tidak sendirian. Karena itulah pas di sana, banyak yang berkomentar, "Ternyata panas ya..."

Di Nagarkot agak dingin, tetapi hanya seperti dinginnya Puncak aja.. Cukup dengan jaket saja. Di Pokhara bagian dekat danau panas, tetapi di bagian pegunungan agak dingin, tetapi juga tidak terlalu dingin kok. Jaket biasa saja cukup, tidak perlu jaket winter.

Namun bisa juga cuaca berubah-ubah setiap tahun, bahkan dalam beberapa hari. Jadi, semoga sharing ini membantu apabila Anda sedang packing untuk berangkat ke Nepal.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete