Google+ Followers

Wednesday, November 02, 2016

Makanan Khas Nepal Yang Perlu Dicoba

Jika Anda melakukan pencarian di Google tentang makanan khas Nepal, maka besar kemungkinan Anda akan menemukan momo dan dal bhat talkari sebagai makanan yang paling dominan.

Kebetulan dalam trip kali ini kami tidak banyak berkesempatan mencoba kuliner khas Nepal, namun bersyukur kedua makanan paling populer di atas sudah dicicipi.

1. Momo

Momo berisi sayuran
Momo cukup mudah dijumpai pada berbagai restoran, di tempat-tempat yang kami kunjungi di Nepal, yaitu Kathmandu, Pokhara, Nagarkot, dan Chitwan, maupun tempat-tempat yang dilewati dalam perjalanan. Momo adalah semacam dumpling (pangsit rebus) khas Nepal. Momo diperkirakan bukan makanan asli Nepal, tetapi merupakan pengaruh dari luar yang sudah populer sejak 200 tahun yang lalu. Seperti banyak makanan lainnya di Nepal yang beraroma kari, momo pun tak ketinggalan, dihidangkan dengan kuah kari. Ada momo isi sayuran, atau daging ayam. Rasanya, enak!

2. Dal Bhat dan Dal Bhat Tarkari

Dal Bhat Tarkari
Dalam trip ini beberapa kali kami disuguhi Dal Bhat, yang bisa dibilang makanan pokok orang Nepal. Ia semacam nasi rames dengan pilihan sayuran dan daging, serta ada juga sop kacang-kacangan. Dal adalah sejenis miju-miju, sedangkan bhat adalah nasi. Untuk tambahannya, seringkali kami mendapat papadum dan juga acar. Karena seringkali dal bhat ditambahkan sayuran kari, maka disebut Dal Bhat Tarkari. Rasanya? Yah lumayan lah, tetapi di beberapa tempat terkadang bumbunya terlalu menyengat. Saya gak tahu bumbunya apa, apakah ini yang dinamakan masala (spice mix yang terkenal dalam makanan India)? 


Dal Bhat




Papadum


Jangan khawatir karena banyak restoran yang menjual makanan Western maupun Chinese. Sebagai selingan kami makan chicken steak, atau pizza. Ada juga nasi goreng. 


Contoh restoran di daerah Thamel


Contoh menu makanan dan minuman di sebuah rest area yang kami singgahi dalam perjalanan di Nepal.
Chicken Steak di sebuah Restaurant di Bhaktapur Durbar Square

Nasi goreng di Restoran Gurkha Pokhara. Salah satu makanan terenak selama di Nepal :) karena sama dengan nasi goreng di Indonesia.

Yang paling mantap adalah buah-buahan dan juice. Buah yang paling banyak terlihat dijual di jalanan yaitu apel, jeruk dan pisang. Semua sepertinya langsung dari kebun dan tidak menggunakan pengawet maupun wax. Tour guide kami kebetulan cukup royal dan sering membelikan kami buah-buahan terutama dalam perjalanan dengan bis yang cukup jauh. Saya paling suka jajan jus delima, yang mudah ditemui di pasar-pasar ataupun warung.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete