Cara Perubahan Faskes Tingkat I BPJS Kesehatan

Bagi Anda yang ingin mengubah fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat I BPJS Kesehatan, karena alasan-alasan tertentu, caranya mudah. Saya baru saja melakukannya, dan saya akan membagikan cerita saya di sini.

Tahapan perubahan faskes tingkat I BPJS Kesehatan:

1. Siapkan dokumen yang diperlukan
Dokumen yang diperlukan adalah:
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan asli
- Fotokopi KTP dan asli
- Kartu BPJS (kebetulan saya menggunakan electronic-ID jadi tinggal print saja)
- Isi formulir perubahan data (formulir dapat di-download ataupun dapat diperoleh langsung di kantor BPJS)

Formulirnya simple, seperti di gambar berikut ini:



Cukup mengisi Faskes lama Anda, dan kemudian Faskes baru yang diinginkan. Anda akan memerlukan kode faskes, karena itu saya menelepon Hotline BPJS Kesehatan dan petugasnya dengan sangat baik dan cekatan membantu saya.

2. Datang ke Kantor KCU tempat domisili. Kebetulan domisili saya di Jakarta Barat, karena itu saya datang ke Kantor KCU BPJS Kesehatan Jakarta Barat. Alamatnya di bawah ini:

Komplek Kampus Widuri, Jl. Palmerah Barat 353 Blok B No.4, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.3/RW.5, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11220

Sesuai saran yang akan banyak Anda baca di internet, sebaiknya kita datang pagi-pagi untuk menghindari antrian yang panjang.
 
Petugas di kantor KCU ini sudah cukup profesional. Ketika tiba di depan ruko yang ada di kompleks Kampus Widuri tersebut, sudah terbentuk dua antrian, yaitu antrian untuk loket 1 (untuk pendaftaran baru dll) dan loket 3 dan 4 (untuk mutasi, cetak kartu, perubahan faskes, pendaftaran calon bayi). Maka saya pun mengantri di antrian loket 3 dan 4.

Ini adalah antrian pertama sebelum masuk ke dalam kantor. Di sini petugas memeriksa dulu kelengkapan dokumen yang dibawa oleh para peserta. O ya kebetulan saya datang sendiri untuk melakukan perubahan faskes yang berlaku bagi semua anggota keluarga dalam satu kartu keluarga (KK). Petugas memeriksa KTP asli saja, KK asli tidak diperiksa. Lalu petugas yang di depan memberikan nomor antrian. Saat itu sekitar pukul 9 pagi, saya mendapat antrian nomor 40.

Barulah kemudian kita masuk ke kantor dan menunggu nomor dipanggil untuk ke loket. Tidak menunggu terlalu lama, sudah giliran saya dipanggil ke loket. Petugas loket sangat ramah dan cekatan melayani saya. Hanya dalam hitungan beberapa menit, permintaan perubahan faskes saya sudah selesai. Bahkan langsung dicetakkan ke dalam kartu. Dan saya mendapat kartu BPJS untuk seluruh anggota keluarga dalam KK saya. (Sebelumnya menggunakan e-ID jadi tidak memiliki kartu). Perubahan faskes pun langsung efektif saat itu juga. Wow...

Jangan lupa pastikan Anda telah melunasi tagihan bulanan BPJS Kesehatan Anda. Walau tidak ditanyakan, hal ini menjadi salah satu persyaratan untuk perubahan data. Semoga membantu.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak Dita.. aduh senang sekali dapat perhatian dari orang BPJS langsung.. sayang saya cek komen nya terlambat.. mbak bisa kirim komentar karena sekarang komentar saya moderasi. Saya gak bisa cantumkan email secara publik nih.. thanksss yaa

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts