Google+ Followers

Saturday, April 01, 2017

Cruising with Royal Carribean’s Mariner of the Seas February 2017


WOW. Pengalaman pertama naik cruise. Dan harus diakui, bikin pengen lagi!

Ada sesuatu tentang suasananya yang rilex, fasilitas dan kenyamanan, pelayanan Royal Carribean yang memanjakan, yang membuat kita senantiasa merasa “Wow!” Tidak terlalu berlebihan bila slogan “Wow” ini banyak terlihat dalam materi promosi Royal Carribean, mungkin itu adalah tujuan mereka dalam industri hospitality ini, membuat konsumen merasa “Wow.”

Membuat konsumen merasa puas, terkesan, ingin mengulang dan merekomendasikan kepada teman adalah hasil dari sebuah rancangan/design pengalaman konsumen yang dimulai dari pemesanan tiket, check-in, naik ke kapal, berada di dalam kapal, makanan dan pengalaman selama di kapal, ketika turun naik bila kapal singgah di beberapa tempat wisata, hingga akhirnya perjalanan selesai dan kembali ke pelabuhan.

Saya merasa Royal Carribean sangat berpengalaman dan sangat profesional sehingga dalam semua proses itu berjalan sangat lancar serta mudah. Salah satunya di sini juga melibatkan penggunaan sebuah kartu yang disebut Sea Pass Card, yang sangat memudahkan kita, sehingga ketika naik turun kapal dan berwisata di tempat wisata kita bahkan tidak perlu melalui imigrasi. Ini hal yang perlu Anda ketahui juga, karena saya juga baru tahu, bahwa ketika kita naik kapal cruise, passport kita akan disimpan oleh petugas. Hanya berbekal Sea Pass Card, kita dapat naik turun di negara tujuan, dan tahu-tahu ketika pulang (selesai cruise) sudah ada cap dari imigrasi negara tersebut. Keren kan... Kartu ini selain berfungsi sebagai kunci kamar, juga berfungsi sebagai alat pembayaran selama di kapal. Cukup gesekkan kartu, lalu tagihan akan dikirimkan melalui kartu kredit kita.

Kami mengambil Cruise 6D5N dengan tujuan Penang, Langkawi, Phuket bersama Mariner of the Seas yang berangkat dari Singapura. Awalnya sempat khawatir enam hari lima malam di kapal itu kelamaan, karena baca di internet orang menganjurkan untuk pertama kali naik cruise, pilihlah yang singkat saja, misalnya 3-4 hari. Tapi ternyata... lima malam di kapal itu tidak terasa, berlalu dengan sangat cepat, bahkan terasa masih kurang!
Saya telah menyiapkan bacaan khawatir akan bosan dalam perjalanan ini (di kapal tidak ada free wifi, wifi harus bayar 20 USD per hari), ternyata tidak disangka kita begitu sibuk, banyak yang bisa dilakukan, serta kita juga sibuk meng-eksplore kapal yang luas ini.

Royal Carribean’s Mariner of the Seas panjangnya 306 meter dan lebar 47 meter. Terdapat 15 tingkat (deck) dengan total jumlah cabin 1,775. Kapal ini dilengkapi 16 buah elevator (lift) yang memudahkan penumpang naik turun deck. Total penumpang yang dapat diangkut adalah 3,807 orang ditambah 1,185 kru. Kapal ini terbilang cukup baru, dengan last renovation bulan April 2012. Untuk jadwal Mariner of the Seas dapat dilihat di website Royal Carribean.

Karena merupakan pengalaman pertama, banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui. Cukup deg-degan juga karena saya mengajak keluarga dalam trip ini, khawatir ada yang tidak lancar sesuai rencana. Sempat khawatir juga membayangkan penumpang 3,600 orang, bagaimana rasanya, dan bagaimana mengaturnya. Ternyata semua telah berjalan dengan lancar. Di sini akan saya bagikan cerita saya untuk membantu Anda yang sedang mencari informasi seperti saya sebelumnya. Cerita ini akan dibuat dalam tulisan bersambung. Ditunggu ya!

Photo Courtesy: Royal Carribean

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Ditunggu cerita lengkapnya mba.. Tahun ini slah satu wishlist travelingku naik cruise ini soalnya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Fanny.. duuh oke mbak.. saya usahakan.. Itu udah hampir setahun yang lalu.. waktu itu semangat mau nulis, eh gak sempat2.. Semoga masih ingat.. :)

      Delete