Panduan Transportasi ke Guci Tegal Menggunakan Kendaraan Umum 2022

Guci, desa yang berada di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi pariwisata yang ramai dikunjungi. Menawarkan daya tarik keindahan alam serta air terjun, pemandian air panas, dan kebon stroberi, dalam lima tahun terakhir pun banyak penginapan dan obyek wisata baru bermunculan. 


Kawasan obyek wisata Guci Indah seluas 210 Ha terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian kurang lebih 1.050 mdpl. Daerah pegunungan ini sejuk dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Untuk masuk kawasan ini dikenakan tiket Rp 5.000-7.000 per orang. Banyak obyek menarik dan instagrammable dalam kawasan ini, antara lain Baron Hill, Guciku Waterboom, dan air terjun.


Guci berjarak sekitar 30 km dari kota Slawi dan 40 km dari kota Tegal. Tentu saja Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, namun apabila Anda memilih untuk menggunakan transportasi publik, di sini saya akan berbagi pengalaman saya sendiri menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan di Guci Tegal baru-baru ini.


Transportasi yang digunakan: (dari Jakarta ke Guci)


  1. Kereta Sawunggalih dari Pasar Senen Jakarta ke stasiun Prupuk Tegal.
  2. Dari stasiun Prupuk naik bus ke arah Tegal, berhenti di pertigaan Yomani. 
  3. Dari Pertigaan Yomani naik bus ke arah Bumijawa, turun di pertigaan Tuwel.
  4. Dari Pertigaan Tuwel naik ojek ke Kawasan Guci.


Selain dari stasiun Prupuk, yang lebih populer sebenarnya adalah stasiun Tegal yang terletak di pusat kota Tegal, dekat Alun alun Tegal. Untuk transportasi pulang ke Jakarta kami berangkat dari stasiun Tegal.


Transportasi yang digunakan: (dari Guci ke Jakarta)


  1. Ojek dari hotel di Guci menuju Pertigaan Tuwel
  2. Dari Pertigaan Tuwel naik angkot merah tujuan Slawi, turun di Pertigaan Yomani
  3. Dari Pertigaan Yomani naik bus ke Tegal
  4. (karena bus tidak berhenti di stasiun Tegal, kami lanjut dengan becak ke stasiun Tegal)
  5. Kereta Argo Cheribon dari Tegal ke Gambir


Untuk waktu tempuh, kereta Sawunggalih berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 07.15 dan tiba di stasiun Prupuk pukul 11.22. Berhenti di stasiun Terisi, Jatibarang, Cirebon, Ciledug sebelum tiba di Prupuk. Perhentian terakhir kereta ini adalah di Kutoarjo. Jawa Tengah. Total waktu dalam kereta 4 jam 7 menit sangat mudah dilalui, melewati pemandangan pedesaan dan sawah yang hijau, serta di dalam kereta cukup nyaman.


Kereta berangkat jam 07.15, begitu kereta jalan kami langsung menuju gerbong restorasi untuk menikmati sarapan. Pilihan kuliner kereta Sawunggalih terdapat beberapa pilihan nasi box antara lain nasi goreng, dan nasi dengan ikan dori rica-rica, serta minuman panas seperti kopi dan teh.


Kuliner kereta Sawunggalih
Ikan dori rica-rica, kopi susu dan pemandangan, sarapanku di Kereta Sawunggalih.
Suasana di kereta Sawunggalih
Suasana di kereta Sawunggalih.


Stasiun Prupuk, 18 Juni 2022 11.30


Stasiun Prupuk Tegal
Stasiun Prupuk, Tegal



Stasiun Prupuk ternyata sangat kecil (kalau Bahasa awamnya), kalau dalam Bahasa perkeretaapian disebut stasiun kereta api kelas II. Tidak terlihat ada toko yang menjual makanan ataupun keramaian lain. Yang turun di stasiun ini pun ternyata hanya saya dan teman saya, serta seorang pemuda yang bepergian sendiri.


Dari stasiun Prupuk kami menyebrang jalan untuk menunggu bus ke arah Tegal. (Tentu saja sebelumnya kami bertanya-tanya dulu kepada petugas di stasiun Prupuk yang dengan baik hati memberikan informasi panduan transportasi ke Guci). Walaupun daerahnya sepi, tidak lama menunggu satu bus yang lewat. Sepertinya tidak sulit mengenali bus ini, karena ia adalah satu-satunya bus yang lewat. Penampakan busnya seperti ini:


Bus ngetem di Margasari, Tegal

Kalau naik bus ini harus sabar. Total perjalanan ini sekitar 1 jam, namun yang lama adalah ngetem. Namun semua dinikmati saja. Perjalanan menurut saya seru dan menyenangkan, bersama dengan penduduk lokal seperti ibu-ibu yang ke pasar dengan bawaan berember-ember. Dalam perjalanan ini juga hujan turun cukup deras. Ongkos Rp 10.000.


Pertigaan Yomani


Bus dari Yomani ke Tuwel.



Kami singgah untuk makan siang di pertigaan Tuwel. Di situ ada beberapa warung yang menjual ayam kampung goreng. Maknyus… ayam kampungnya berasa banget dan sambelnya pun enak… 


Ayam kampung goreng di Tuwel.



Selesai makan, hujan pun berhenti dan kami pun lanjut naik ojek menuju hotel kami di Guci. Dari pertigaan Tuwel hanya sekitar 15 menit, jalan menanjak dan pemandangan yang dilalui adalah pegunungan yang indah. Tarif ojek Rp 30.000 (karena kata tukang ojeknya sudah plus tiket masuk, padahal dia hanya lewat saja di loket tiket :D). Ketika pulang tarif ojek kami Rp 20.000 (dari Guci ke Tuwel).


Sekitar pukul 15.00 kami tiba di hotel. Ya, dihitung saja deh total perjalanannya berapa lama, dari stasiun Prupuk 11.25. Total waktu ini sudah termasuk singgah makan siang serta waktu ngetem bus yang bisa mencapai 40 menit!  jadi siap2 aja ya frens… waktunya jangan mepet.


Hotel Sun Q ta 18 Juni 2022 sore


Begitu sampai hotel kami langsung bergegas menikmati pemandian air panas, bersantai di kolam renang hotel yang menyediakan air panas alami. Inilah healing yang saya cari. Karena waktu terbatas, kami tidak sempat mengunjungi banyak tempat wisata. Mengingat waktu ngetem bus bisa tidak terprediksi, akhirnya kami memilih pagi setelah sarapan, sekitar pukul 08.30 meninggalkan Guci. 


Dengan rute transportasi yang saya tulis di atas, kami tiba di Stasiun Tegal sekitar pukul 11.00. Masih cukup banyak waktu karena kereta kami dijadwalkan jam 14.45. Di stasiun Tegal ada beberapa toko seperti Alfa, Roti O, dan CFC. Kami menghabiskan waktu menunggu dengan mengunjungi Pantai Alam Indah. 


Untuk pulangnya kami menggunakan kereta Argo Cheribon berangkat dari Tegal 14.45 dan tiba di stasiun Gambir pukul 19.15. Rute kereta Argo Cheribon adalah: Tegal, Brebes, Losari, Cirebon, Jatibarang, Haurgeulis, Bekasi, Jatinegara, dan Gambir. Ternyata kami dari ujung ke ujung kereta ini. Sepanjang perjalanan mata puas disuguhi pemandangan sawah yang tak habis-habis. Keren! 


Comments

Popular Posts